Pemanasan Global Merupakan Isu Lingkungan Yang Menjadi Pusat Perhatian Dunia. Menurut Pars Ilmuwan, Fenomena Ini Terjadi Karena Emisi Gas Rumah Kaca (grk), Seperti Karbon Dioksida (co2), Metana (ch4), Dan Nitrogen Oksida (nox). Grk Merupakan Gas-gas Yang Menstabilkan Temperatur Bumi Dengan Mengumpulkan Energi Panas Di Atmosfer. Emisi Grk Mulai Muncul Signifikan Sejak Masa Awal Revolusi Industri Pada Akhir Abad Ke-18. Pada Tahun 1958, Level Co2, Di Atmosfer Mengalami Kenaikan Yang Tidak Sesuai Dengan Variasi Siklik Iklim Bumi. Konsentrasi Karbon Tersebut Terus Meningkat Setiap Tahun Sebagaimana Meningkatnya Penggunaan Bahan Bakar Fosil Dan Rusaknya Hutan. Akibatnya, Pada Tahun 2012, Rata-rata Temperatur Global Mengalami Kenaikan Sebesar 0,85°c. Anomali Tersebut Kemudian Diikuti Dengan Meningkatnya Temperatur Lautan Dan Mencairnya 40% Lapisan Es Di Kutub Utara.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pemanasan global merupakan isu lingkungan yang menjadi pusat perhatian dunia. Menurut pars ilmuwan, fenomena ini terjadi karena emisi gas rumah kaca (GRK), seperti karbon dioksida (CO2), metana (CH4), dan nitrogen oksida (NOx). GRK merupakan gas-gas yang menstabilkan temperatur bumi dengan mengumpulkan energi panas di atmosfer. Emisi GRK mulai muncul signifikan sejak masa awal Revolusi Industri pada akhir abad ke-18. Pada tahun 1958, level CO2, di atmosfer mengalami kenaikan yang tidak sesuai dengan variasi siklik iklim bumi. Konsentrasi karbon tersebut terus meningkat setiap tahun sebagaimana meningkatnya penggunaan bahan bakar fosil dan rusaknya hutan. Akibatnya, pada tahun 2012, rata-rata temperatur global mengalami kenaikan sebesar 0,85°C. Anomali tersebut kemudian diikuti dengan meningkatnya temperatur lautan dan mencairnya 40% lapisan es di Kutub Utara.

Kenaikan permukaan air laut merupakan salah satu efek dari pemanasan global. Lapisan es yang mencair secara langsung menambah volume lautan. Selain itu, lautan yang menghangat juga menyebabkan ekspansi termal yang meningkatkan volume air laut. Akibatnya, sejak tahun 1880, permukaan air laut telah meningkat 20 cm. Volume air laut yang meningkat akan menggenangi lahan kering di daerah pesisir. Hal itu menyebabkan daerah pesisir tidak lagi efektif dalam menahan badai dan banjir. Jika permukaan air taut meningkat 1 m, setiap pulau kecil akan mengalami banjir yang menutupi 75% lahan keringnya. Pada akhirnya, air laut akan menutupi hampir seluruh daratan jika pemanasan global tidak dihentikan. Data pengukuran tinggi permukaan air laut tahun 2010-2019 disajikan pada gambar 1. (Diadaptasi dari www.climate.nasa.gov dan Mark Maslin (2014) Climate Change: A Very Short Introduction, Oxford University Press)

3. Berdasarkan paragraf 2, manakah pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar mengenai efek pemanasan global?
A. memperbaiki iklim bumi
B. menyatukan benua-benua
C. mengubah bentuk muka bumi
D. meracuni kehidupan bawah laut
E. hanya mengubah daerah Kutub Utara

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah C.

Penjelasan:

Informasi pada teks adalah segala sesuatu yang menjadi isi dan pembahasan pada sebuah teks.

Informasi dapat disampaikan secara tersirat maupun tersurat sehingga letak informasi harus dipahami dengan baik agar pembaca dapat memahami inti pembahasan tanpa mengalami kesalahpahaman.

Langkah-langkah untuk menemukan informasi pada sebuah bacaan adalah sebagai berikut.
1. Bacalah teks dengan saksama.
2. Pahamilah makna setiap kalimat yang ada pada teks.
3. Temukanlah kalimat utama atau gagasan pokok dalam setiap paragraf.
4. Tandailah kata atau kalimat yang mengandung kata kunci.
5. Pahami setiap gambar, grafik, tabel, atau diagram yang menunjang informasi teks.
6. Cocokkan kembali informasi yang didapatkan dengan teks secara keseluruhan.

Berdasarkan paragraf 2, pernyataan di bawah ini yang paling mungkin benar mengenai efek pemanasan global adalah mengubah bentuk muka bumi. Hal ini dibuktikan dengan kutipan yang berbunyi, “Jika permukaan air taut meningkat 1 m, setiap pulau kecil akan mengalami banjir yang menutupi 75% lahan keringnya. Pada akhirnya, air laut akan menutupi hampir seluruh daratan jika pemanasan global tidak dihentikan. Data pengukuran tinggi permukaan air laut tahun 2010-2019 disajikan pada gambar 1.”

Dengan demikian, jawaban yang benar C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment