Pembagian kerja yang berkembang pada masyarakat tidak menyebabkan disintegrasi masyarakat, tetapi justru meningkatkan solidaritas. Pernyataan ini dikemukakan oleh

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Pembagian kerja yang berkembang pada masyarakat tidak menyebabkan
disintegrasi masyarakat, tetapi justru meningkatkan solidaritas. Pernyataan ini dikemukakan oleh..
a. Karl Marx
b. Max Weber
c. Emile Durkheim
d. Herbert Spencer
e. Auguste Comte

Jawaban:

C.Emile Durkheim

Penjelasan:

Buku The Division of Labor in Society merupakan suatu upaya Durkheim untuk mengkaji suatu gejala yang melanda masyarakat yaitu pembagian kerja. Ia mengemukakan bahwa di bidang perekonomian seperti di bidang industri modern terjadi penggunaan mesin serta konsentrasi modal dan tenaga kerja yang mengakibatkan pembagian kerja dalam bentuk spesialisasi dan pemisahan okupasi yang semakin rinci. Tujuan kajian tersebut adalah untuk memahami fungsi pembagian kerja dan utnuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa masyarakat modern tidak diikat oleh kesamaan antara orang-orang yang melakukan pekerjaan yang sama. Akan tetapi pembagian kerjalah yang mengikat masyarakat dengan memaksa mereka agar tergantung satu sama lain.

Solidaritas menunjuk pada suatu keadaan hubungan antara individu dan atau kelompok yang didasarkan pada perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Jika dilihat pembagian kerja memang menjadi tuntutan ekonomi yang bisa merusak solidaritas sosial akan tetapi menurut Durkheim fungsi ekonomis yang dimainkan oleh pembagian kerja ini menjadi tidak pentinngjika dibandingkan dengan efek moralitas yang dihasilkannya. Maka fungsi sesungguhnya dari pembagian kerja adalah untuk menciptakan solidaritas antara dua orang atau lebih. Dalam The Division of Labor in Society Durkheim menggunakan ide patologis untuk mengkritik bentuk “ abnormal” yang ada dalam pembagian kerja masyarakat modern.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

Leave a Comment