Pembangunan Monument Tugu Muda Dimaksudkan Untuk Mengenang Peristiwa Pertempuran Antara Pemuda Dengan Jepang Di Kota ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pembangunan monument tugu muda dimaksudkan untuk mengenang peristiwa pertempuran antara pemuda dengan jepang di kota ….

Jawaban:

Jawabannya adalah Semarang

Penjelasan:

Pertempuran Lima Hari di Semarang merupakan salah satu pertempuran yang terjadi untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Pertempuran ini terjadi pada Oktober 1945, untuk mengenang pengorbanan rakyat dalam Pertempuran Lima Hari, sebuah tugu dibangun di tengah alun-alun Semarang. Gubenur Jawa Tengah kedua, Wongsonegoro meletakkan batu pertama pembangunan tugu yang diberi nama Tugu Muda pada 28 Oktober 1945. Namun, tugu tersebut tidak lama berdiri. Tugu ini dibongkar oleh tentara Belanda yang tergabung dalam NICA (Nederlandsch Indië Civil Administratie) dan RAPWI (Rehabilitation of Allied Prisoners of War and Internees).
Pembangunan ulang Tugu Muda muncul pada tahun 1950. Atas inisiatif dari anggota eks. Angkatan Muda seperti Martadi, Suroso, A. Djaja, Suwarno, Tjipto, Salim, dan Lenan Kolonel Sudiarto, dibentuk suatu panitia yang bertugas mempersiapkan pembangunan Tugu Muda yang baru.

Dengan demikian, pembangunan monument tugu muda dimaksudkan untuk mengenang peristiwa pertempuran antara pemuda dengan jepang di kota Semarang.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment