Pemuliaan Tanaman Untuk Mendapatkan Bibit Unggul Dengan Cara Memindahkan Gen Tertentu Dari Suatu Spesies Lain Dengan Perantaraan Mikroorganisme Dikenal Sebagai ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu spesies lain dengan perantaraan mikroorganisme dikenal sebagai ….
A., kultur jaringan
B. rekayasa genetika
C. transplantasi
D. radiasi induksi
E. mutasi buatan

Jawaban:

Halo, Panthera! Kakak bantu yaa 🙂

Jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah B. rekayasa genetika.

Penjelasan:

Rekombinasi DNA merupakan suatu bentuk DNA buatan yang dibuat dengan cara pemotongan dan penyambungan DNA secara in vitro. Rekombinasi DNA juga merupakan salah satu produk rekayasa genetika. Teknologi DNA rekombinan banyak melibatkan bateri atau virus sebagai vektor (perantara). Proses rekombinasi DNA yaitu isolasi DNA, pemotongan DNA oleh enzim endonuklease restriksi, dan penggabungan DNA dengan DNA ligase. Teknik ini akan menghasilkan organisme yang memiliki sifat yang diinginkan. Transplantasi gen merupakan pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme. Transplantasi yang sering digunakan adalah menggunakan teknik plasmid, dengan gunting enzim berupa enzim endonuklease restriksi dan perektanya enzim ligase. Dilihat dari prosesnya tranplantasi gen sama dengan rekombinasi DNA yaitu sama-sama memotong DNA yang diinginkan lalu disambungkan lagi dengan DNA lain dan dikembangkan di dalam suatu mikroorganisme.

Jadi, pemuliaan tanaman untuk mendapatkan bibit unggul dengan cara memindahkan gen tertentu dari suatu species lain dengan perantaraan mikroorganisme disebut dengan transplantasi gen atau rekombinan DNA.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa teknik tersebut adalah rekayasa genetika. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment