Penetapan Kawasan Aglomerasi Industri Dapat Didasarkan Pada Faktor Terkonsentrasinya Berbagai Faktor Produksi

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

penetapan kawasan aglomerasi industri dapat didasarkan pada faktor terkonsentrasinya berbagai faktor produksi

sebab

adanya keterbatan dalam pemilihan lokasi industri yang ideal sangat memungkinkan terbentuknya pemusan industri

Jawaban:

Pada soal ini, jawabannya adalah pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Penjelasan:

Aglomerasi industri adalah terkonsentrasinya industri pada suatu wilayah tertentu, hal ini dapat terjadi karena adanya pemusatan faktor-faktor produksi pada suatu wilayah. Faktor produksi tersebut seperti bahan mentah, sumber energi, tenaga kerja, pangsa pasar yang luas, kemudahan dalam perizinan, pajak yang relatif murah, dan tersedianya berbagai fasilitas pendukung industri. Dimana, salah satu keuntungan dari aglomerasi industri adalah dapat melakukan penghematan biaya. Kemudian adanya pemusatan kegiatan-kegiatan industri dikarenakan persebaran faktor produksi yang tidak sama di setiap wilayah. Sehingga tidak semua wilayah bisa dijadikan sebagai lokasi industri. Hal ini menunjukkan adanya keterbatasan dalam pemilihan lokasi yang ideal untuk kegiatan industri, sehingga terjadilah aglomerasi industri tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan pernyataan pertama benar, alasan juga benar, serta kedua kalimat menunjukkan hubungan sebab akibat.

Semoga dapat membantu yaa!
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment