Pengembangan Obat-obatan Herbal Yang Bisa Dilakukan Masyarakat Dengan Sangat Mudah Juga Tidak Memerlukan Perizinan Dan Persyaratan Yang Rumit Sehingga Masyarakat Lebih Mudah Memanfaatkannya Untuk Obat-obatan Dan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pengembangan obat-obatan herbal yang bisa dilakukan masyarakat dengan sangat mudah juga tidak memerlukan perizinan dan persyaratan yang rumit sehingga masyarakat lebih mudah memanfaatkannya untuk obat-obatan dan untuk meningkatkan kesejahteraan.

Inti kalimat di atas adalah …
A. Pengembangan obat-obatan herbal dilakukan masyarakat.
B. Pengembangan obat-obatan herbal sangat mudah dilakukan masyarakat.
C. Pengembangan obat-obatan herbal tidak memerlukan perizinan dan persyaratan yang rumit.
D. Pengembangan obatan-obatan tidak memerlukan perizinan sehingga masyarakat lebih mudah memanfaatkannya.
E. Pengembangan obat-obatan mempunyai perizinan yang memudahkan masyarakat untuk memanfaatkannya.

Jawaban:

Jawaban untuk soal tersebut adalah D.

Penjelasan:

Gagasan utama atau ide pokok merupakan inti dari kalimat utama pada sebuah paragraf. Gagasan utama dapat ditemukan berdasarkan kalimat utama. kalimat utama merupakan simpulan dari sebuah paragraf. Kalimat utama berbentuk pernyataan umum yang akan didukung oleh kalimat-kalimat penjelas. Kalimat utama dibedakan menjadi tiga berdasarkan letaknya, yaitu di awal (deduktif), di akhir (induktif), dan awal-akhir (campuran).

Cara menemukan inti kallimat dalam sebuah paragraf, yaitu:
1. membaca paragraf dengan seksama;
2. menentukan kalimat utama dan kalimat penjelas; dan
3. menentukan inti kalimat (subjek dan predikat) dari kalimat utama sebuah paragraf.

Berdasarkan penjelasan, inti kalimat di atas adalah pengembangan obat-obatan herbal tidak memerlukan perizinan dan persyaratan yang rumit. Kalimat tersebut merupakan inti kalimat karena bagian dari gagasan utama. Sebuah inti kalimat atau gagasan utama merupakan dasar pemikiran yang memungkinkan munculnya pemikiran selanjutnya (kalimat penjelas).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment