Perhatikan Kutipan Teks Fiksi Di Bawah Ini!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Perhatikan kutipan teks fiksi di bawah ini!

Minggu adalah hari libur yang ditunggu kaum rebahan, malas beraktivitas. Ada yang hanya ingin rebahan di rumah menghilangkan penat selama satu minggu beraktivitas dan ada pula yang berencana akan berlibur. Banu memilih opsi pertama, Banu memilih bersantai rebahan di rumah, dan parahnya Banu akan selalu merasa kurang dengan liburnya.

“Banu bangun sudah siang, nanti kamu terlambat.” Tanya ibunya.

“Bu Banu masih capek, Banu bolos sehari ya.” Banu memelas pada ibunya.

Mengapa kutipan di atas termasuk karya fiksi?

Jawaban:

Hai, ZazaBella Z.

Kutipan di atas termasuk karya fiksi karena berisi cerita rekaan tentang Banu sebagai kaum rebahan dengan penggunaan bahasa konotatif dan sistematika tidak baku yang melibatkan emosi pembaca terkait permintaan Banu pada ibunya untuk bolos sehari.

Penjelasan:

Karya fiksi adalah karya yang berisi cerita berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Ciri-ciri karya fiksi adalah sebagai berikut.
1. Bersifat rekaan dari imajinasi pengarang.
2. Ada kebenaran yang relatif dan tidak mutlak.
3. Penggunaan bahasa yang konotatif atau bukan sebenarnya.
4. Tidak ada sistematika yang baku dalam penulisannya.
5. Bertujuan pada emosi dan perasaan pembaca, bukan logika.

Berdasarkan penjelasan tersebut, kutipan tersebut termasuk karya fiksi karena berisi cerita rekaan yang belum tentu benar-benar terjadi tentang Banu sebagai kaum rebahan. Bahasa yang digunakan juga konotatif, seperti “kaum rebahan” yang bermakna sekelompok orang yang tidak ada aktivitas atau kegiatan. Sistematika penulisannya tidak baku, seperti adanya kalimat langsung untuk menunjukkan dialog antara Ibu dan Banu. Kutipan tersebut juga melibatkan emosi dan perasaan terkait Banu yang meminta bolos sehari pada ibunya dengan alasan capek.

Dengan demikian, kutipan di atas termasuk karya fiksi karena berisi cerita rekaan tentang Banu sebagai kaum rebahan dengan penggunaan bahasa konotatif dan sistematika tidak baku yang melibatkan emosi pembaca terkait permintaan Banu pada ibunya untuk bolos sehari.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment