Perhimpunan Indonesia (pi) Merupakan Penjelmaan Dari Indische Vereeniging Yang Didirikan Para Mahasiswa Indonesia Yang Sedang Belajar Di Negeri Belanda Pada Tahun 1908. Organisasi Ini Pada Mulanya Bergerak Di Bidang Sosial Yang Berjuang Mengurus Kepentingan Bersama Para Mahasiswa Indonesia Di Negeri Belanda. Namun, Dalam Perkembangannya Organisasi Yang Bercorak Sosial Ini Berubah Menjadi Organisasi Yang Bercorak Politik Yang Memiliki Semangat Nasionalisme Yang Kuat. Hal Ini Disebabkan …

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

perhimpunan indonesia (pi) merupakan penjelmaan dari indische vereeniging yang didirikan para mahasiswa indonesia yang sedang belajar di negeri belanda pada tahun 1908. organisasi ini pada mulanya bergerak di bidang sosial yang berjuang mengurus kepentingan bersama para mahasiswa indonesia di negeri belanda. namun, dalam perkembangannya organisasi yang bercorak sosial ini berubah menjadi organisasi yang bercorak politik yang memiliki semangat nasionalisme yang kuat. hal ini disebabkan …

Jawaban:

Jawabannya yaitu karena mereka ingin menjadikan Indonesia Negara baru dan Mardeka dan mereka meyakini hanya kemerdekaan yang dapat mengembalikan harga diri bangsa Indonesia.

Penjelasan:

Perhimpunan Indonesia (PI) merupakan organisasi pergerakan nasional Indonesia yang didirikan pada tahun 1908 oleh orang-orang Indonesia yang berada di Belanda. Awalnya didirikan dengan nama Indische Vereeniging. Organisasi ini bertujuan untuk memajukan keperntingan-kepentingan bersama orang-orang pribumi dan non pribumi bukan Eropa di negeri Belanda.

Pada 1923, Perhimpunan Indonesia mengeluarkan Deklarasi Perhimpunan Indonesia yang dimuat dalam majalah Hindia Putra. Dalam deklarasi tersebut memakai kata “Bangsa Indonesia” yang menunjukkan cita-cita Perhimpunan Indonesia akan sebuah negara baru yang merdeka. Pada 1925 deklarasi tersebut berkembang menjadi manifesto politik. Karena menyakini hanya kemerdekaan yang dapat mengembalikan harga diri bangsa Indonesia.

Beberapa tokoh Perhimpunan Indonesia yaitu :
Mohammad Hatta.
Ali Sastroamijoyo.
Abdulmajid Joyoadiningrat.
Iwa Kusumasumantri.
Sastro Mulyono.
Sartono.
Gunawan Mangunkusumo.
Nazir Datuk Pamuncak.

Gagasan manifesto 1925 terealiasi pada peristiwa ikrar Sumpah Pemuda yang diselenggarakan tanggal 28 Oktober 1928. Isi dari manifesto 1925 adalah sebagai berikut:
Indonesia bersatu, menyingkirkan perbedaan, dapat mematahkan kekuasaan penjajah.
Diperlukan aksi massa yang percaya pada kekuatan sendiri untuk mencapai Indonesia merdeka.
Melibatkan seluruh lapisan masyarakat merupakan sarat mutlak untuk perjuangan kemerdekaan.
Anasir yang berkuasa dan esensial dalam tiap-tiap masalah politik.
Penjajahan telah merusak dan demoralisasi jiwa dan fisik bangsa, sehingga normalisasi jiwa dan materi perlu dilakukan secara sungguh-sungguh.

Jadi dapat disimpulkan dalam perkembangannya organisasi PI yang bercorak sosial, berubah menjadi organisasi yang bercorak politik yang memiliki semangat nasionalisme yang kuat, hal ini disebabkan karena mereka ingin menjadikan Indonesia Negara baru dan Mardeka dan meyakini hanya kemerdekaan yang dapat mengembalikan harga diri bangsa Indonesia.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment