Pipa Organa Tertutup Dengan Panjang 30 Cm, Seperti Pada Gambar Di Samping, Maka Jumlah Perut Pada Pipa Organa Tertutup Disamping Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pipa organa tertutup dengan panjang 30 cm, seperti pada gambar di samping, maka jumlah perut pada pipa organa tertutup disamping adalah ….
a. 1
b. 1,5
c. 2
d. 2,5
e. 3

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah E. 3.

Diketahui:
Pipa organa tertutup
L = 30 cm

Ditanya:
Jumlah perut (P) = …?

Jawab:
Konsep yang kita gunakan adalah analisis pipa organa tertutup. Pipa organa ini merupakan pipa yang salah satu ujungnya tertutup. Pada bagian ujung tertutup akan selalu terbentuk simpul, sedangkan pada bagian yang lain akan terbentuk perut gelombang. Pada pipa jenis ini banyak simpul selalu sama dengan banyak perut yang terbentuk.
Pipa organa tertutup juga memiliki frekuensi nada dasar, frekuensi nada atas pertama, frekuensi nada atas kedua, dan sebagainya. Nada terendah yang dicapai oleh pipa jenis ini adalah ketika panjang pipa sama dengan seperempat panjang gelombang yang terbentuk dalam pipa.

Penjelasan:

∑P = 3 buah.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment