Presiden Ketiga Rl Bacharuddin Jusuf Habibie Bercerita Saat Awal-awal Presiden Soeharto Lengser. Saat Itu, Ia Menceritakan Banyak Mendapat Masukan Dari Berbagai Pihak Untuk Mengambil Kebijakan. Kurang Dari 24 Jam Soeharto “lengser Keprabon”, Habibie Mengaku Didatangi Berbagai Pihak.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Presiden ketiga Rl Bacharuddin Jusuf Habibie bercerita saat awal-awal Presiden Soeharto lengser. Saat itu, ia menceritakan banyak mendapat masukan dari berbagai pihak untuk mengambil kebijakan. Kurang dari 24 jam Soeharto “lengser keprabon”, Habibie mengaku didatangi berbagai pihak.
“Waktu Pak Harto lengser itu saya dapat laporan dari empat angkatan (TNI dan Polri), dari Menteri Luar Negeri, dari Menteri Dalam Negeri, dari keluarga besar Golkar, dari Pangab, dari pimpinan DPR, dari pimpinan MPR,” kata Habibie saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di Gedung Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta, Selasa (15/8/2017). “Sepuluh masukannya. ltu tidak satu, bingung dong,” ucap dia. Merasa kurang mendapat masukan yang objektif, ia pun memutar otak untuk menjalankan pemerintahan darurat yang dipimpinnya. Habibie akhirnya memutuskan untuk mencari masukan langsung dari publik, termasuk dari pihak yang berseberangan darinya . Caranya, ia membuka keran demokrasi seluas-luasnya, utamanya kebebasan pers. “Terus saya bilang bagaimana ya . Saya tidak tahu siapa yang benar. Karena garbage in , garbage out. Apa saya buat? Saya panggil Pak Wiranto, boleh cek. Hei, mulai sekarang tiap orang boleh berbicara seenaknya saja. Tiap orang boleh membuat surat kabar, tidak usah pakai izin,” tutur Habibie.
Selain itu, ia juga •membebaskan para tahanan politik seperti Sri Bintang Pamungkas dan Muchtar Pakpahan. Tujuannya sama, Habibie ingin memperoleh masukan secara terbuka. Habibie menceritakan saat itu Jaksa Agung justru kaget mendengarnya karena dua nama tersebut merupakan penentang utama pemerintah. “Saya bilang semua yang berbeda pendapat kecuali yang ditahan berdasarkan ketetapan MPR, saya tidak berhak . Tahu bagaimana? Mereka langsung demo Habibie,” ujar dia. “Saya bilang, kalau dia berencana bunuh saya, silakan. Selama dia belum act, dia tidak bersalah. Saya punya intel juga sebagai yang berkuasa . Dengan melepaskan mereka tanpa disadari yang terjadi mereka mulai bertentangan dan masyarakat bisa menentukan (mana yang benar),” tutur Habibie.

Kalimat tanya yang jawabannya dapat ditemukan dalam soal adalah …
A. Apa yang dimaksud dengan frasa “lengser keprabon” dalam wacana di atas?
B. Bagaimana reaksi Habibie saat beliau dipilih menjadi presiden menggantikan presiden Soeharto?
C. Mengapa Habibie dipilih menjadi presiden menggantikan presiden Soeharto?
D. Siapakah yang memberikan laporan berita lengsernya Pak Harto pada presiden Habibie?
E. Apakah keunikah pemerintahan Habibie dibandingkan dengan pemerintahan presiden Rl lainnya?

Jawaban:

Jawabannya adalah E. Apakah keunikah pemerintahan Habibie dibandingkan dengan pemerintahan presiden Rl lainnya?

Kalimat tanya adalah kalimat yang mengandung sebuah pertanyaan. Kalimat tanya mengandung kata apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Untuk mengetahui alimat tanya yang jawabannya dapat ditemukan dalam soal maka kita harus menganalisis setiap jawaban dari kalimat tanya tersebut apakah ada di soal atau tidak.

Kalimat tanya yang jawabannya dapat ditemukan dalam soal adalah “Apakah keunikah pemerintahan Habibie dibandingkan dengan pemerintahan presiden Rl lainnya?”. Jawabannya yaitu keunikan pemerintahan Habibie adalah mencari masukan dari berbagai pihak termasuk publik terkait pemerintahannya. Selain itu, ia membebaskan para tahanan politik seperti Sri Bintang Pamungkas dan Muchtar Pakpahan. Tujuannya sama, Habibie ingin memperoleh masukan secara terbuka.

Jadi kalimat tanya yang jawabannya dapat ditemukan dalam soal adalah “Apakah keunikah pemerintahan Habibie dibandingkan dengan pemerintahan presiden Rl lainnya?”.
Oleh karena itu jawabannya E.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment