Pria Cerdik Berpostur Kecil Yang Dijuluki “si Kancil” Ini Dilahirkan Di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 22 Juli 1917 Dari Pasangan Haji Abdul Malik Batubara Dan Salamah Lubis. Semenjak Kecil Ia Gemar Menonton Film Koboi, Membada, Dan Fotografi. Setelah Lulus His, Sang Ayah Menyuruhnya Memimpin Toko ‘murah’, Di Seberang Bioskop Deli. Di Sela-sela Kesibukan Barunya Itu, Ia Banyak Membaca Berbagai Buku Yang Memperkaya Pengetahuan Dan Wawasannya.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Pria cerdik berpostur kecil yang dijuluki “si kancil” ini dilahirkan di Pematang Siantar, Sumatra Utara, 22 Juli 1917 dari pasangan Haji Abdul Malik Batubara dan Salamah Lubis. Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membada, dan fotografi. Setelah lulus HIS, sang ayah menyuruhnya memimpin toko ‘Murah’, di seberang bioskop Deli. Di sela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya.
Paragraf di atas lebih banyak bercerita tentang ….
a. postur tubuh tokoh
b. tempat kelahiran tokoh
c. hobi tokoh
d. perjalanan pendidikan tokoh

Jawaban:

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah C.

Menurut KBBI, biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain. Riwayat hidup ini ditulis secara detail mulai dari lahir hingga wafat. Dalam teks biografi, penulis menceritakan hal menarik dalam diri tokoh yang dapat dijadikan sebagai keteladanan.

Cuplikan teks tersebut menceritakan tentang seorang pria kelahiran Pematang Siantar yang dijuluki si kancil karena postur tubuhnya kecil. Sejak kecil, ia hobi menonton koboi, membaca, dan fotografi. Sang ayah sempat menyuruhnya untuk memimpin toko di seberang bioskop Deli. Ia mengisi waktu luangnya untuk membaca banyak buku karena dapat memperkaya wawasan dan pengetahuannya.

Paragraf tersebut lebih banyak bercerita tentang hobi tokoh. Hal ini terlihat pada kalimat “Semenjak kecil ia gemar menonton film koboi, membaca, dan fotografi.” Selain itu, terdapat juga pada kalimat “Di sela-sela kesibukan barunya itu, ia banyak membaca berbagai buku yang memperkaya pengetahuan dan wawasannya.” Hal ini menunjukkan bahwa pria tersebut melakukan hobinya membaca meski sibu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment