Produk Ukm Mendominasi

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Produk UKM Mendominasi

Belakangan ini makin banyak produk usaha kecil dan menengah (UKM) yang masuk pasar dalam jaringan/daring. Sejauh ini, komposisinya mencapai 70 persen. Para pelaku UKM makin percaya diri menjajakan produk mereka lewat marketplace, meskipun harus bersaing dengan brand-brand besar. Salah satu brand itu adalah Shopee. Direktur Shopee Indonesia menyatakan bahwa produk UKM yang laku keras di pasar daring adalah batik, fashion, serta sepatu. Hal ini disebabkan harga produk-produk tersebut terjangkau. Dari segi kualitas, produk produk tersebut juga tidak kalah dengan brand besar. Menurut Direktur Shopee Indonesia, mereka yang masuk kategori UKM dalam pasar daring adalah para pelaku usaha yang penghasilannya di bawah Rp4,8 miliar per tahun. Pada era marketplace seperti saat ini, tren UKM daring makin meningkat.

Oleh karena itu, Shopee terus agresif mendekatkan para pelaku UKM dengan teknologi. Salah satu caranya adalah dengan menggelar pelatihan pemasaran produk secara berkala. Kegiatan ini dilakukan secara periodik kepada a pengusaha yang tergabung dalam UKM. Setelah para pelaku UKM binaan memahami seluk beluk pasar daring, Shopee mengajarkan ilmu lain. Yakni, trik agar UKM naik kelas sehingga bisa masuk ke pasar ekspor. Untuk tujuan jangka panjang itu, pihak Shopee tengah menyiapkan kanal Kreasi Nusantara sebagai jembatan para pelaku UKM yang berorientasi ekspor. Kanal tersebut menjadi program pertama Shopee untuk memperluas jangkauan produk-produk UKM Indonesia ke mancanegara, khususnya negara-negara di mana Shopee beroperasi.

(Republika, 2 September 2019)

Penggunaan tanda baca koma yang salah terdapat pada kalimat…
(A) Sejauh ini, komposisinya mencapai 70 persen.
(B) Para pelaku UKM makin percaya diri menjajakan produk mereka lewat marketplace, meskipun harus bersaing dengan brand-brand besar.
(C) Setelah para pelaku UKM binaan memahami seluk beluk pasar daring, Shopee mengajarkan ilmu lain.
(D) Untuk tujuan jangka panjang itu, pihak Shopee tengah menyiapkan kanal Kreasi Nusantara sebagai jembatan para pelaku UKM yang berorientasi ekspor.
(E) Kanal tersebut menjadi program pertama Shopee untuk memperluas jangkauan produk-produk UKM Indonesia ke mancanegara, khususnya negara-negara mana Shopee beroperasi.

Jawaban:

Jawabannya adalah B.

Penjelasan:

Konjungsi atau kata sambung atau kata hubung adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya.

Dalam penulisan konjungsi, terdapat beberapa aturan penggunaan tanda baca koma (,) yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Konjungsi yang didahului tanda koma.
Contohnya:
…, bahkan …
…, kecuali …
…, melainkan …
…, padahal …
…, sedangkan …
…, sementara …
…, seperti …
2. Konjungsi yang tidak didahului atau diakhir oleh tanda koma.
Contohnya:
… agar …
… bahwa …
… dengan …
… jika …
… karena …
… maka …
… meskipun …
… sampai …
… sehingga …
… sejak …
… sekalipun …
3. Konjungsi yang diakhiri tanda koma.
Contohnya:
Akan tetapi, …
Akhirnya, …
Akibatnya, …
Artinya, …
Jika demikian, …
Kalau begitu, …
Karena itu, …
Lagi pula, …
Sebaliknya, …
Sebelumnya, …

Berdasarkan penjelasan tersebut, penggunaan tanda baca koma yang salah terdapat pada kalimat “Para pelaku UKM makin percaya diri menjajakan produk mereka lewat marketplace, meskipun harus bersaing dengan brand-brand besar.” Hal tersebut dikarenakan seharusnya penulisan kata “meskipun” tidak diikuti oleh tanda koma setelahnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment