Proses sejarah menurut frenand braudel?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Proses sejarah menurut frenand braudel?

Jawaban:

Proses sejarah yang dilakukan oleh Fernand Braudel ini yaitu menggunakan pendekatan multi-dimensional. Dimana Braudel memasukkan semua aspek pendekatan dalam memahami sejarah seperti ekonomi, sosial, dan sebagainya.

Penjelasan:

Pada periode historiografi modern abad ke-20, perkembangan historiografi di Eropa, terutama di Prancis menemukan arah baru. Salah satu tokoh yang mempunyai peran penting dalam historiografi modern, yaitu Fernand Braudel, ia adalah salah satu sejarawan akademis yang mempunyai pengaruh di dunia kesejarahan, terutama oleh sejarawan yang berkecimpung di bidang sejarah kawasan. Karya-karya Braudel dianggap sebagai kajian revolusiner dalam historigrafi modern, khususnya karyanya yang berjudul The Mediterranean and the Mediterranean World in the Age of Philip II. Dalam karya tersebut, Braudel memperkenalkan sesuatu yang baru atas kajian penulisan sejarah, yakni Total History, dengan menggunakan pendekatan multi-dimensional. Braudel memasukkan semua aspek pendekatan dalam memahami sejarah seperti ekonomi, sosial, dan sebagainya. Tujuan dari penerapan pendekatan multi-dimensional tersebut agar sejarah dapat dipahami secara utuh dari berbagai aspek.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

 

 

Leave a Comment