Salah Satu Kebijakan Mea Adalah Adanya Pengakuan Mengenai Mutu Pendidikan Dan Pengalaman Yang Dimiliki Oleh Tenaga Kerja Negara Anggota Asean . Bagaimana Upaya Yang Dilakukan Pemerintah Indonesia Agar Tetap Manpu Bersain Dengan Negara Lain?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Salah satu kebijakan MEA adalah adanya pengakuan mengenai mutu pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh tenaga kerja negara anggota ASEAN . Bagaimana upaya yang dilakukan pemerintah indonesia agar tetap manpu bersain dengan negara lain?

Jawaban:

Jawabannya, mendorong proses pendidikan, memberikan beasiswa, mengadakan balai latihan kerja, pertukaran pelajar, dan spesifikasi profesi.

Penjelasan:

MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) adalah bentuk perjanjian atas perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara dengan tujuan untuk meningkatkan dan menjaga stabilitas perekonomian. Upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja agar mampu bersaing dengan negara lain adalah:
1. Mendorong proses pendidikan dengan memberikan beasiswa kepada masyarakat kurang mampu.
2. Memberikan beasiswa untuk belajar di luar negeri bagi siswa berprestasi.
2. Mengadakan balai latihan kerja untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja.
3. Melakukan pertukaran pelajar untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian.
4. Menciptakan tenaga kerja berkualitas melalui spesifikasi profesi.

Jadi, upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu tenaga kerja agar mampu bersaing dengan negara lain adalah mendorong proses pendidikan, memberikan beasiswa, mengadakan balai latihan kerja, pertukaran pelajar, dan spesifikasi profesi.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment