Salah Satu Penyebab Perlawanan Rakyat Aceh Terhadap Portugis Pada Abad Xiv Adalah Perebutan Wilayah Malaka Wilayah Malaka Diperebutkan Karena ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Salah satu penyebab perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis pada abad XIV adalah perebutan wilayah Malaka Wilayah Malaka diperebutkan karena ….
a. Malaka menjadi wilayah netral yang tidak dikuasai oleh pihak manapun
b. Banyak kapal asing bersandar di Malaka untuk menawarkan komoditas perdagangan
c. Penguasa Malaka tidak menarik pajak bagi kapal-kapal yang melintas dan bersandar di pelabuhannya
d. Malaka sebagai bandar perdagangan rempah baru yang menggantikan peran Konstantinopel di Eropa
e. Kedudukan Malaka sangat penting dalam perdagangan dunia yang berdampak pada keuntungan politik dan ekonomi

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah E

Penjelasan:

Kesultanan Melaka atau Kesultanan Malaka adalah sebuah Kerajaan Melayu yang pernah berdiri di Melaka, Malaysia. Kerajaan ini didirikan oleh Parameswara, kemudian mencapai puncak kejayaan pada abad ke 15 dengan menguasai jalur pelayaran Selat Melaka, sebelum ditaklukan oleh Portugal tahun 1511. Kejatuhan Malaka ini menjadi pintu masuknya kolonialisasi Eropa di kawasan Nusantara. Posisi kerajaan malaka sangat penting dalam perdagangan di kawasan Asia Tenggara karena merupakan tempat transit pedagang serta tempat diperdagangkannya rempah-rempah dari kawasan Indonesia Timur. Selain itu, Selat Malaka jug salah satu jalur pelayaran dan perdagangan yang ramai pada masanya.

Sejarah perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis sudah terjadi sejak abad ke-14 Masehi. Kronologi awalnya, kala itu Aceh menjadi tujuan perdagangan ketika Portugis menguasai Malaka pada 1511 di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque. Portugis menganggap Kesultanan Aceh Darussalam sebagai ancaman terhadap posisi mereka di Malaka. Maka, pada 1523 Portugis menyerang Aceh. Portugis menjadi musuh Kesultanan Aceh Darussalam yang saat itu dipimpin Sultan Ali Mughayat Syah (1514-1528). Penyebab terjadinya perlawanan rakyat Aceh terhadap Portugis adalah sebagai berikut:
1. Ambisi Portugis yang ingin memonopoli perdagangan di wilayah Aceh.
2. Portugis melarang orang-orang Aceh berlayar untuk berdagang melewati Laut Merah.
3. Penangkapan kapal-kapal Aceh oleh Portugis.

Semoga bermaanfaat
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment