Sanksi Pidana Yang Diberikan Kepada Wajib Pajak Karena Kealpaan Tidak Menyampaikan Spt Atau Menyampaikan Spt Tetapi Tidak Benar Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sanksi pidana yang diberikan kepada wajib pajak karena kealpaan tidak menyampaikan SPT atau menyampaikan SPT tetapi tidak benar adalah ….
a. kurungan 1 tahun
b. kurungan 3 tahun
c. kurungan 6 tahun
d. denda paling banyak 3 kali pajak terutang
e. denda paling banyak 4 kali pajak terutang

Jawaban:

Jawabannya adalah paling cepat 3 bulan paling lama 1 tahun.

Penjelasan:

Dalam pemungutan pajak, pemerintah menerapkan kebijakan jika terdapat wajib pajak yang melakukan pelanggaran atau kecurangan atau tidak membayar pajak. Sanksi yang dapat diberikan berupa sanksi pidana ataupun denda. Sanksi pidana diberikan kepada wajib pajak karena kealpaan tidak menyampaikan SPT atau menyampaikan SPT tetapi tidak benar. Berdasarkan UU KUP 2007 Pasal 38 ayat 1, WP yang karena kealpaannya tidak menyampaikan SPT akan dikenai sanksi pidana. Sanksi pidana dimaksud adalah kurungan paling cepat 3 bulan paling lama 1 tahun atau denda paling sedikit 1x dan paling banyak 2x jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah paling cepat 3 bulan paling lama 1 tahun.

Seamngat ya! Have a nice day:)

Note: tidak ada jawaban yang tepat.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment