Sebagai Seorang Diplomat, Husain Sangat Paham Bagaimana Harus Menghadapi Para Pejabat Dari Berbagai Negara, Husain Memberi Perlakuan Berbeda Kepada Pejabat Dari Timur Tengah Dengan Pejabat Yang Berasal Dari Negara-negara Barat. Bentuk Komunikasi Yang Digunakan Husain Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sebagai seorang diplomat, Husain sangat paham bagaimana harus menghadapi para pejabat dari berbagai negara, Husain memberi perlakuan berbeda kepada pejabat dari Timur Tengah dengan pejabat yang berasal dari negara-negara Barat. Bentuk komunikasi yang digunakan Husain adalah ….
a. Komunikasi intra personal
b. Komunikasi lintas budaya
c. Komunikasi persuasif
d. Komunikasi dialogis
e. Komunikasi monologis

Jawaban:

Jawaban untuk soal yang kamu tanyakan adalah B. Komunikasi lintas budaya

Penjelasan:

Komunikasi lintas budaya (cross cultural communication) adalah suatu proses komunikasi yang terjadi dalam berbagai macam kebudayaan. Karakteristik dari komunikasi lintas budaya ini adalah bersifat dinamis, interaktif, berlangsung dalam konteks sosial serta fisik, dan temporal.

Dalam ilustrasi soal digambarkan bahwa Husain sebagai seorang diplomat memperlakukan para pejabat sesuai dengan asal pejabat itu berasal. Hal itu ia lakukan tentunya agar tercipta rasa kenyamanan karena setiap pejabat dengan daerah yang berbeda tentunya memiliki kebudayaan yang berbeda pula.

Dari hal tersebut, jelas sangat nampak bahwa Husain melakukan komunikasi lintas budaya.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment