Sebutkan beberapa kendala yang dihadapi dalam melakukan pembangunan wilayah pedesaan

Halo kawan kawan,
Mari kita bahas persoalan berikut ini

Soal:

Sebutkan beberapa kendala yang dihadapi dalam melakukan pembangunan wilayah pedesaan

Jawaban:

1. Aspek sosial budayanya
2. Sarana prasarana yang masih kurang.
3. Arus urbanisasi.
4. Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat.
5. Masalah geografis.

Penjelasan:

1. Aspek sosial budayanya. Dari tingkat pendidikan masyarakat desa rata-rata masih rendah. Hal ini berpengaruh pada SDM masyarakat yang rendah dan bisa menjadi kendala juga ketika akan menerapkan sebuah program di desa namun masyarakat desa itu tidak paham. Memang, yang paling banyak untuk sumber mata pencaharian di desa itu adalah di bidang pertanian. Namun teknologi pertanian yang masih kurang menjadikan hasil pertanian itu menjadi kurang. Penerapan Teknologi pertanian harus didukung dengan SDM masyarakat yang tinggi juga.
2. Sarana prasarana yang masih kurang. Jalan infrastruktur yang kurang menjadikan akses ke desa itu menjadi sulit. Akibatnya aliran barang dan jasa menuju desa itu untuk mengangkut hasil pertanian juga kurang dan biayanya menjadi mahal. Dampaknya masyarakat desa itu yang menjadi rugi.
3. Arus urbanisasi. Banyaknya pemuda atau masyarakat yang termasuk angkatan kerja yang keluar desa berakibat pada produktifitas desa yang rendah. Desa banyak dihuni oleh penduduk-penduduk berumur kecil dan tua. Sehingga pembangunan di desa itu menjadi terbatas karena sulit untuk mengembangkan.
4. Rendahnya tingkat ekonomi masyarakat. Hal ini menyebabkan permodalan untuk usaha di desa menjadi sulit. Akses menuju permodalan menjadi terhambat dan masyarakat sulit berkembang.
5. Masalah geografis. Biasanya perdesaan di Indonesia berada di daerah pegunungan. Kondisi pegunungan yang terkadang sulit diakses juga menjadi hambatan dalam pengembangannya. Faktor iklim di daerah setempat yang sulit diprediksi menjadi kendala dalam mengembangkan pertanian.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment