Sebutkan Ciri-ciri historiografi tradisional

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Sebutkan Ciri-ciri historiografi tradisional

 

Jawaban:

Ciri-ciri historiografi tradisional -Bersifat Dinastisentris, yaitu berpusat pada raja atau keluarga istana. raja atau penguasa cenderung digambarkan sebagai seorang yang sakti dan memiliki kekuataan supranatural. Itulah sebabnya, historiografi tradisional sering bersifat mistik. -Bersifat Feodalistis-Aristokratis, yaitu cenderung membicarakan kehidupan kaum bangsawan dengan segala perkataan dan perilakunya. Historiografi ini tidak memuat riwayat kehidupan rakyat, termasuk aspek sosial, ekonomi dari kehidupan rakyat -Bersifat Religio-magis, yaitu berhubungan dengan kepercayaan dan hal-hal yang mistik

 

Penjelasan:

Historiografi Tradisional adalah penulisan sejarah tradisional yang dimulai dari zaman Hindu sampai masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia. Penulisan sejarah masa kerajaan tradisional berfungsi untuk merekam dan mewariskan kehidupan dinasti yang berkuasa kepada generasi berikutnya.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

 

Leave a Comment