Sebutkan Contoh Imperialisme Ekonomi Suatu Negara Serta Berikanlah Penjelasan Disertai Data Pendukung Yang Rill Dan Bersifat Resmi!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sebutkan Contoh Imperialisme Ekonomi suatu negara serta berikanlah penjelasan disertai data pendukung yang rill dan bersifat resmi!

Jawaban:

Imperialisme Ekonomi artunya bahwa negara imperialis akan menguasai hanya ekonominya saja dari suatu negara lain. Jika sesuatu negara tidak mungkin dapat dikuasai dengan jalan imperialisme politik, maka negara imperialis akan menggunakan bidang ekonomi untuk bisa menguasai negara lain. Imperialisme ekonomi inilah yang kini sangat disukai oleh negara-negara imperialis bagi menggantikan imperialisme politik.
Contoh imperialisme ekonomi terlihat dari kekuasaan PT. Freeport di Papua. PT. Freeport merupakan sebuah perusahaan pertambangan yang dikuasai oleh pihak asing dimana sebagian besar sahamnya dimiliki oleh Freeprt-McMoran Copper & Gold Inc. Pemegang saham ini merupakan salah satu produsen emas terbesar di dunia dan merupakan perusahaan Amerika. Kondisi ini merupakan salah satu contoh imperialisme ekonomi di Indonesia, dimana salah satu investasi terbesar di Indonesia tidak dikelola atau dimiliki oleh Indonesia sendiri tetapi dikuasai oleh perusahaan asing. Sehingga Indonesia hanya berperan sebagai penyuplai sumberdaya mentah dan sumber daya manusia bagi PT. Freeport. Masuknya kekuasaan PT. Freeport di Papua sejak kebijakan pemerintah memberlakukan UU N0. 11 tahun 1967 tentang Pertambangan dan setelah disahkannya UU No. 1 Tahun 1967 tentang PMA. kontrak karya ditandatangani oleh pemerintah Indonesia dengan PT. Freeport Indonesia selama 30 tahun.

Dengan demikian, contoh imperialisme ekonomi adalah adanya PT. Freeport di Papua yang mulai masuk sejak pemerintah memberlakukan UU No. 11 tahun 1967 dan disahkannya UU No. 1 tahun 1967.

Mapel: Sejarah
Kelas: 12 SMA
Topik: Masa Orde Baru Hingga Reformasi

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment