Sebutkan Dan Jelaskan Struktur Teks Berita!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sebutkan dan jelaskan struktur teks berita!

Jawaban:

Struktur teks berita adalah judul berita, kepala berita (lead), tubuh berita (body), dan ekor berita.

Penjelasan:

Teks berita merupakan teks yang berisi laporan atau informasi yang di dalamnya memuat kejadian atau peristiwa yang aktual (informasi terkini yang sedang terjadi) dan faktual (berdasarkan fakta sebenarnya).

Struktur teks berita adalah sebagai berikut.
1. Judul berita.
Judul berita harus dibuat semenarik mungkin agar memancing rasa penasaran pembaca untuk membaca berita yang disajikan.
2. Kepala berita (lead).
Kepala berita merupakan bagian awal pada teks berita dan memiliki lingkup bahasan yang luas. Maksudnya adalah banyak informasi yang disajikan dalam bagian ini dan informasi tersebut memuat unsur ADIKSIMBA. Pada kepala berita, umumnya penulis akan menyajikan 4 unsur berita, yaitu “apa”, “di mana”, “kapan”, dan “siapa”.
3. Tubuh berita (body).
Bagian ini berisi penjelasan atau informasi yang disampaikan pada kepala berita. Bagian tubuh berita umumnya memuat latar belakang atau alasan mengapa peristiwa bisa terjadi. Maka unsur berita yang terdapat dalam bagian tubuh berita adalah “mengapa” dan “bagaimana”.
4. Ekor berita.
Bagian ini mencantumkan informasi yang bersifat tambahan dalam berita. Bagian ini bersifat opsional karena apabila dihilangkan tidak akan berpengaruh terhadap pokok berita.

Dengan demikian, struktur teks berita adalah judul berita, kepala berita (lead), tubuh berita (body), dan ekor berita.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment