Sebutkan dan Jelaskan yang termasuk hasil kebudayaan kapak persegi

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Sebutkan dan Jelaskan yang termasuk hasil kebudayaan kapak persegi !

 

Jawaban:

Kebudayaan kapak persegi disebut demikian karena pada zaman Neolitikum ditemukan alat dengan bentuk persegi panjang dan sebagian memiliki bentuk trapesium. Von Heine Geldern kemudian menamainya kapak persegi. Sebagai piranti food producing, kapak persegi yang besar menyerupai fungsi beliung atau cangkul untuk mengolah tanah. Bahkan, ditemukan pula adanya kapak persegi yang ditambahkan tangkai sehingga mirip cangkul saat ini. Sementara itu, kapak persegi yang berukuran kecil dinamakan tarah atau tatah. Tarah dipakai untuk mengerjakan kayu.

 

Penjelasan:

Kapak persegi banyak di temukan di pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan dan di pulau Nusa Tenggara. Kapak ini terbuat dari bahan dasar batu api yang sudah dibuat dengan halus serta diasah. Diperkirakan masuk ke wilayah Indonesia lewat jalur barat dari Yunan ke Semenanjung Malaka kemudian masuk ke pulau jawa lewat Pulau Sumatara, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Nusa Tenggara dan Pulau Maluku. Diperkirakan oleh para ahli arkeologi benda ini dibuat sebagai lambang kebesaran, alat upacara, alat tukar dan jimat.

 

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment