Sebutkan kriteria teknik cetak dalam !

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Sebutkan kriteria teknik cetak dalam !

Jawaban:

Pengertian teknik cetak dalam adalah salah satu teknik seni grafis yang pembuatannya karyanya menggunakan plat logam. Selain logam, cetak dalam juga bisa menggunakan material yang berasal dari akrilik maupun seng.

Teknik cetak dalam dalam seni grafis dibagi menjadi empat macam, yaitu:
1. Engraving
Engraving adalah teknik yang sangat rumit, khususnya dalam pemakaian alatnya yang bernama burin. Burin digunakan sebagai pengukir logam. Pertama-tama, logam disiram tinta secara keseluruhan. Setelah logam dibersihkan, tinta yang tertinggal hanya pada bagian yang diukir.
2. Etching
Etching adalah teknik cetak seni grafis dengan media tembaga yang dilapisi lilin, kemudian digores menggunakan alat khusus seperti jarum etsa untuk menggores tembaga. Lalu, tembaga akan dicelupkan ke dalam asam nitrat yang bersifat korosif. Bagian yang tidak dilapisi oleh lilin inilah yang akan membentuk sebuah pola.
3. Mezzotint
Mezzotint adalah seni grafis yang menggunakan media plat logam. Permukaannya akan terlebih dahulu dibuat menjadi kasar secara merata. Selanjutnya, gambar dibuat dengan plat logam yang dikerok hingga memberikan efek gelap dan terang.
4. Drypoint
Drypoint adalah teknik yang menggunakan alat runcing untuk mengukir goresan drypoint dengan hasil pada bagian tepi garis menjadi terkesan lebih kasar.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment