Sebutkan Macam-macam Sabar Dan Berikan Contohnya

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

sebutkan macam-macam sabar dan berikan contohnya

Jawaban:

Penjelasan:
Sabar menurut bahasa Arab (al shabru) berarti menahan dan mengekang. Secara istilah, sabar ialah menahan diri dari menuruti hawa nafsu dan menerima segala apa yang diberikan Allah.

Ada pun macam-macam sabar antara lain:
1. Sabar dalam menaati Allah.
Sabar dalam ketaatan dibuktikan dengan kesungguhan untuk menjalankan segala perintah Allah SWT, baik perintah secara tegas maupun yang sifatnya anjuran. Misalnya, ketika kita sedang dalam keadaan tidur nyenyak, bersabarlah untuk bangun di sepertiga malam terakhir untuk melaksanakan salat tahajud.

2. Sabar dalam beribadah.
Sabar dalam mengerjakan ibadah ialah dengan tekun mengendalikan diri dalam melaksanakan syarat-syarat dan tata tertib ibadah, tidak tergesa-gesa.

3. Sabar dalam menjauhi maksiat.
Sabar dalam hal ini terwujud dengan upaya meninggalkan maksiat secara total dan bukannya hanya semampunya saja, misalkan ketika bertaubat untuk tidak berjudi, harus sabar dan sungguh-sungguh.

4. Sabar dalam menghadapi takdir-takdir Allah
Menurut bentuknya, takdir ada dua macam, yaitu takdir yang baik dan takdir yang buruk. Manusia di alam dunia ini akan menghadapi banyak persoalan, berbagai macam rintangan, dan bermacam masalah dalam kehidupan. Oleh karenanya harus sabar menerima semua apa yang ditakdirkan Allah misalkan ketika ditakdirkan kehilangan pekerjaan dan harta benda.

5. Sabar dalam menghadapi musibah.
Dalam menjalani kehidupan, manusia pasti akan menghadapi berbagai cobaan. Baik yang menimpa jiwa, harta, maupun keluarga, misalkan ketika ada orang terdekat yang meninggal dunia. Percayalah bahwa Allah akan memberikan jalan terbaik untuk manusia.

Jadi, jawabannya adalah sebagaimana penjelasan diatas.

Semoga jawaban ini membantu, semangat belajarnya! 🙂

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment