Sebutkan Masing-masing 3 Perbedaan Ancaman Luar Negeri Dan Dalam Negeri!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sebutkan masing-masing 3 perbedaan ancaman luar negeri dan dalam negeri!

Jawaban:

Ancaman dari dalam negeri yaitu suatu ancaman terhadap suatu kondisi atau bidang tertentu dalam negeri yang berasal dari dalam negeri itu sendiri. Ancaman dari luar negeri yaitu suatu ancaman terhadap suatu kondisi atau bidang tertentu dalam negeri yang berasal dari luar negeri.

Pengertian ancaman merupakan setiap kegiatan atau usaha baik yang dilakukan di dalam negeri serta luar negeri dan dinilai dapat membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan bangsa tersebut. Ancaman merupakan bagian dari sebuah resiko. Dan resiko merupakan buah pikir dari sebuah ancaman.

Adapun untuk contoh-contoh dalam bentuk ancaman dalam negeri ini, antara lain adalah sebagai berikut;
1. Masalah KKN
Indonesia merupakan salah satu negara yang sering terjadi masalah kasus KKN. Beberapa tahun ini banyak sekali pejabat yang menyelahgunakan kekuasaan mereka dan jabatan mereka untuk mendapat uang negara yang lebih untuk kepentingan pribadi.
2. Penggulingan pemerintah
Ancaman negara Indonesia yang selanjutnya adalah kasus penggulingan dalam sistem pemerintah. Kasus percobaan penggulingan pemerintah di Indonesia ini bisa menimbulkan kerusuhan dan tidak stabilnya negara Indonesia. Oleh karena itu kasus ini sangat memberikan pengaruh besar pada ancaman negara Indonesia.
Adapun untuk contoh ancaman dari luar negri, antara lain adalah sebagai berikut;
1. Ancaman pertahanan
Ancaman dari luar negeri yang dapat membahayakan negara adalah ancaman dari bidang pertahanan dan keamanan. Ancaman itu antara lain seperti pelanggaran wilayah dari transportasi laut yaitu kapal, selain itu ada pula pelanggaran wilayah oleh pesawat militer dari negara lain, terorisme, kejahatan yang bersifat internasional, dan lainnya.
2. Ancaman Sosial Budaya
Ancaman bisa berasal dari mana saja. Ancaman dari luar negeri yang dapat mempengaruhi negara adalah salah satunya ancaman sosial budaya. Yang mana ancaman sosial budaya ini antara lain propaganda, peredaran narkoba, film porno, disinformasi yang merupakan asalnya dari luar negeri.
3. Perebutan Kebudayaan
Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan. Sehingga indonesia menjadi kaya akan budaya. Budaya yang ada di Indonesia memiliki beranekaragam sifat dan keunikan sendiri. Kebudayaan di Indonesia harus dijaga dan dilestarikan oleh warganya sendiri.

Jadi, ancaman dari dalam negeri yaitu suatu ancaman terhadap suatu kondisi atau bidang tertentu dalam negeri yang berasal dari dalam negeri itu sendiri. Ancaman dari luar negeri yaitu suatu ancaman terhadap suatu kondisi atau bidang tertentu dalam negeri yang berasal dari luar negeri.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment