Sebutkan Pahlawan Daerah Dan Daerah Asalnya Yang Berjuang Sebelum Tahun 1908

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

sebutkan pahlawan daerah dan daerah asalnya yang berjuang sebelum tahun 1908

Jawaban:

Jawabannya adalah Pangeran Diponegoroyang berjuang didaerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Tuanku Imam Bonjol yang berjuang di Pagaruyung Sumatera Barat, Pattimura yang berjuang di Saparua Maluku, Sisingamaraja XII yang berjuang di Tapanuli Sumatera Utara dan Pangeran Antasari yang berjuang di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Tokoh pejuang bangsa Indonesia yang berperang melawan Belanda diantaranya yang pertama adalah Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro merupakan putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono III yang memilih melawan Belanda dengan berperang beserta rakyat kecil. Perang Diponegoro (1825-1830) disebut juga sebagai Perang Jawa karena pasukan Pangeran Diponegoro didukung oleh sebagian besar rakyat Jawa. Kedua ada tokoh Tuanku Imam Bonjol yang berasal dari Sumatra Barat yang merupakan pemimpin dalam Perang Padri di Sumatra Barat. Ketiga adalah Pattimura atau Thomas Matullesy yang berperan besar terhadap perlawanan rakyat Maluku terhadap pemerintah kolonial Belanda. Keempat adalah Sisingamaraja XII yang berperan serta terhadap perlawanan rakyat Tapanuli terhadap misi zending pemerintah kolonial Belanda. Terakhir adalah Pangeran Antasari yang berperan serta pada perlawanan rakyat Banjar terhadap pemerintah kolonial Belanda.

Dengan demikian, 5 contoh pahlawan yang berperang melawan Belanda sebelum 1908 adalah Pangeran Diponegoroyang berjuang didaerah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Tuanku Imam Bonjol yang berjuang di Pagaruyung Sumatera Barat, Pattimura yang berjuang di Saparua Maluku, Sisingamaraja XII yang berjuang di Tapanuli Sumatera Utara dan Pangeran Antasari yang berjuang di Banjarmasin Kalimantan Selatan.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment