Sebutkan Teori-teori Masuknya Agama Hindu – Budha Ke Indonesia!

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sebutkan teori-teori masuknya agama Hindu – budha ke Indonesia!

Jawaban:

Teori-teori masuknya agama Hindu-Buddha di Indonesia terdiri dari Teori Brahmana, Teori Ksatria, Teori Waisya, Teori Sudra dan Teori Arus Balik.

1. Teori Brahmana :
Teori brahmana merupakan teori yang menekankan peran golongan brahmana dari India dalam proses penyebaran ajaran Hindu-Buddha di Indonesia. Teori brahma dicetuskan oleh Van Leur. Teori ini didukung dengan bukti penemuan sejumlah prasasti di Indonesia yang menggunakan bahasa sanskerta dan huruf pallawa. Bahasa sanskerta dan huruf pallawa merupakan bahasa dan tulisan yang dikuasai oleh golongan brahmana. Namun, meski memiliki faktor pendukung yang kuat, teori ini masih diragukan oleh sejumlah pihak. Hal tersebut dikarenakan adanya larangan bagi golongan brahmana untuk keluar dari kerajaan.

2. Teori Ksatria :
Teori ksatria merupakan teori yang menekankan peran golongan ksatria atau militer dalam proses penyebaran ajaran Hindu-Buddha di Indonesia. Teori ksatria dicetuskan oleh R.C. Majundar. Teori ini didukung dengan adanya sejarah penaklukan bangsa India ke berbagai tempat. Dalam penaklukan tersebut, diduga golongan ksatria turut menyebarkan ajaran dan kebudayaan Hindu-Buddha ke daerah penaklukan. Namun teori ini dinilai lemah karena belum ditemukannya bukti-bukti penaklukan di Indonesia.

3. Teori Waisya :
Teori Waisya merupakan teori yang menekankan peran golongan waisya atau pedagang dalam proses penyebaran ajaran Hindu-Buddha di Indonesia. Teori ini dicetuskan oleh N.J. Krom. Teori ini didukung oleh letak geografis Kepulauan Indonesia yang strategis serta telah terlibat dalam perdagangan internasional di masa silam. Hal tersebut memungkinkan terjadinya interaksi sekaligus pertukaran budaya antara bangsa Indonesia dengan India.

4. Teori Sudra :
Teori sudra merupakan teori yang menekankan peran golongan sudra (golongan dengan kasta terendah) dalam proses penyebaran ajaran Hindu-Buddha di Indonesia. Teori ini dicetuskan oleh Van Faber.

5. Teori Arus Balik :
Teori arus balik merupakan teori yang menekankan peran masyarakat Indonesia sendiri dalam proses penyebaran ajaran Hindu-Buddha. Teori ini dicetuskan oleh F.D.K. Bosch. Menurut Bosch, sejumlah orang Indonesia dikirim ke India untuk mempelajari kebudayaan Hindu-Buddha dan selanjutnya menyebarkannya ke Indonesia.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment