Sejak Abad Xii Masehi Kota-kota Bandar Perdagangan Mulai Berkembang Di Sepanjang Pantai Sumatra Dan Pulau Jawa. Salah Satu Faktor Yang Mendorong Perkembangan Kota-kota Bandar Perdagangan Tersebut Adalah .…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Sejak abad xii masehi kota-kota bandar perdagangan mulai berkembang di sepanjang pantai sumatra dan pulau jawa. salah satu faktor yang mendorong perkembangan kota-kota bandar perdagangan tersebut adalah .…

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah kedatangan para pedagang Arab dan India yang dekat dengan jalur Sutra.

Jalur sutra menjadi jalur perdagangan darat dan perdagangan laut. Rute yang sering dilalui oleh pedagang yang menghubungkan China dengan India melalui daerah Indonesia. Jalur yang melalui laut dari China dan Indonesia adalah Selat Malaka menuju India. Kemudian dari jalur tersebut langsung menuju ke Teluk Persia melalui Suriah ke Laut Tengah. Selanjutnya dari Laut Tengah ada yang menuju Laut Merah melalui Mesir dan sampai ke Laut Tengah.

Posisi Indonesia yang strategis melalui Selat Malaka, menjadikan Indonesia terlibat dalam perdagangan rempah-rempah. Rempah-rempah menjadi salah satu sumber kekayaan alam yang memiliki banyak manfaat, sehingga rempah-rempah sempat menjadi perebutan oleh negara-negara asing dalam sistem perdagangan. Indonesia menjadi salah satu pusat perdagangan yang penting pada Jalur Sutera.

Jadi, salah satu factor yang mendorong perkembangan kota-kota bandar perdagangan tersebut adalah kedatangan para pedagang Arab dan India yang dekat dengan jalur Sutra.

 

Semoga jawaban diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment