Selama Penjajah Indonesia, Terdapat Berbagai Perlawanan Terhadap Jepang. Salah Satu Perlawanan Yang Di Pimpin Oleh K.h. Zainal Mustafa Di Sukamamah, Singaprna. Daerah Tersebut Terletak Di Provinsi ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Selama penjajah indonesia, terdapat berbagai perlawanan terhadap jepang. salah satu perlawanan yang di pimpin oleh k.h. zainal mustafa di sukamamah, singaprna. daerah tersebut terletak di provinsi ….

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah Jawa Barat.

Penjelasan:

Singaparna, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, menjadi salah satu wilayah yang berhasil di duduki oleh Jepang. Pada masa itu, rakyat Singaparna dipaksa untuk mengikuti upacara Seikerei. Upacara Seikerei merupakan upacara penghormatan kepada kaisar Jepang dengan cara membungkuk kearah matahari terbit.

Selain itu, mereka juga merasa menderita karena diperlakukan secara sewenang-wenang dan kasar oleh Jepang. Akibatnya, pada bulan Februari 1944, rakyat Singaparna melakukan perlawanan terhadap Jepang. Pasukan perlawanan dipimpin oleh Kiai Zainal Mustofa. Akan tetapi Jepang berhasil menangkap Kiai Zainal Mustofa pada tanggal 25 Februari 1944, dan pada tanggal 25 Oktober 1944, Kiai Zainal harus menghentikan perjuangannya setelah beliau dihukum mati.

Jadi, perlawanan yang di pimpin oleh K.H. Zainal Mustafa di Singaparna terletak di provinsi Jawa Barat.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment