Seorang Anggota Legislatif Mencitrakan Dirinya Sebagai Sosok Yang Berwibawa, Memahami Kepentingan Rakyat Dan Humanis, Ia Membangun Dirinya Menjadi Sosok Yang Seolah-olah Diharapkan Oleh Masyarakat, Seperti Menggunakan Pakaian Yang Rapi, Tutur Kata Yang Agamis Sambil Melakukan Pembagian Sembako Dan Khitanan Massal, Sehingga Tidak Sedikit Masyarakat Yang Terpengaruh Untuk Memilihnya, Faktor Yang Mendorong Interaksi Sosial Di Atas Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Seorang anggota legislatif mencitrakan dirinya sebagai sosok yang berwibawa, memahami kepentingan rakyat dan humanis, ia membangun dirinya menjadi sosok yang seolah-olah diharapkan oleh masyarakat, seperti menggunakan pakaian yang rapi, tutur kata yang agamis sambil melakukan pembagian sembako dan khitanan massal, sehingga tidak sedikit masyarakat yang terpengaruh untuk memilihnya, faktor yang mendorong interaksi sosial di atas adalah ….
a. lmitasi
b. Sugesti
c. Simpati
d. ldentifikasi
e. Empati

Jawaban:

Jawaban bagi pertanyaan tersebut adalah c. Simpati.

Penjelasan:

Menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antarindividu, individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lainnya.

Salah satu faktor yang mendasari proses interaksi sosial adalah simpati. Simpati adalah proses seseorang untuk tertarik pada pihak lain karena beberapa sebab seperti kemampuan, sikap, kepribadian, dan tingkah lakunya yang baik.

Jadi, citra yang dibuat oleh anggota legislatif sebagai sosok yang seolah-olah diharapkan masyarakat merupakan contoh dari simpati, hal ini membuat masyarakat tertarik untuk memilihnya.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment