Seorang Menang Dalam Pencalonan Kepada Desa. Kemengannya Tersebut Ditengarai Karena Tindakan Kekerasan Dan Tekanan Yang Dilakukan Oleh Tim Suksesnya. Kemenangan Semacam Itu Disebut…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Seorang menang dalam pencalonan kepada desa. Kemengannya tersebut ditengarai karena tindakan kekerasan dan tekanan yang dilakukan oleh tim suksesnya. Kemenangan semacam itu disebut…
A. demokratis
B. kontravensi
C. akomodasi
D. kebetulan

Jawaban:

Jawabannya adalah B. Kontravensi.

Penjelasan:

Interaksi sosial disosiatif adalah proses yang terjadi apabila seseorang atau sekelompok orang melakukan interaksi sosial yang mengarah pada konflik dan merenggangkan solidaritas kelompok. Salah satu bentuknya yaitu kontravensi.

Kontravensi merupakan bentuk proses sosial yang berada antara persaingan dan pertentangan yang cenderung bersifat rahasia. Menurut Leopold van Wiese dan Howard Becker, kontravensi memiliki lima bentuk, diantaranya:
1. Umum, misalnya penolakan, keengganan, perlawanan, protes, perbuatan menghalang-halangi, penggunaan kekerasan, atau pengacauan rencana pihak lain.
2. Sederhana, misalnya penyangkalan pernyataan orang di muka umum, maki-makian melalui surat atau selebaran, dan cercaan.
3. Intensif, misalnya penghasutan atau penyebaran desas-desus.
4. Rahasia, misalnya pembocoran rahasia lawan atau pengkhianatan.
5. Taktis, misalnya kejutan terhadap lawan, pembingungan pihak lawan, provokasi, atau intimidasi.

Dengan demikian, kemenangan seseorang dalam pencalonan kepala desa sesuai ilustrasi pada soal disebut dengan kontravensi. Dimana kontravensi tersebut terjadi dalam dua bentuk, yaitu umum berupa adanya tindakan kekerasan dan taktis berupa adanya tekanan (intimidasi) yang dilakukan oleh tim suksesnya.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment