Seorang Peneliti Akan Mengukur Lebar Sungai. Dia Mengambil Garis Lurus Ab Di Tepi Sungai Sepanjang 48 M. Kemudian Peneliti Berdiri Di Titik C Tegak Lurus Ab Yang Berjarak 6 M Dari D, Dan De = 8 M. Cobalah Kalian Bantu Peneliti Itu Untuk Mengukur Lebar Sungai Tersebut.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Seorang peneliti akan mengukur lebar sungai. Dia mengambil garis lurus AB di tepi sungai sepanjang 48 m. Kemudian peneliti berdiri di titik C tegak lurus AB yang berjarak 6 m dari D, dan DE = 8 m. Cobalah kalian bantu peneliti itu untuk mengukur lebar sungai tersebut.

Jawaban:

Jawaban : lebar sungai dari pengamat adalah 30 m

Konsep :
Dua buah bangun datar dapat dikatakan sebangun apabila panjang setiap sisi pada kedua bangun datar tersebut memiliki nilai perbandingan yang sama. Tidak perlu ukurannya sama, tetapi sisi-sisi yang bersesuaian sebanding (proportional) dan sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

Ingat!
Salah satu syarat dua segitiga sebangun adalah panjang sisi – sisi yang bersesuaian harus mempunyai perbandingan yang sama.
Segitiga ABC sebangun dengan segitiga DEC maka :

AB/DE = AC/CD

Penjelasan:

Diketahui :
AB = 48 m
DE = 8 m
CD = 6 m

Ditanya :
Lebar sungai (AD)?

Jawab :

AC = AD + DC

Perbandingan sisi dua segitiga sebangun :
Segitiga ABC dengan segitiga DEC maka :

AB/DE = AC/CD
AB/DE = (AD + CD)/CD
48/8 = (AD + 6)/6
6 = (AD + 6)/6
6(6) = AD + 6
36 = AD + 6
AD = 36 – 6
AD = 30 m

Jadi, lebar sungai dari pengamat adalah 30 m

Semoga bisa membantu ya????
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment