Seorang Perempuan Sedang Dalam Masa Idah Karena Bercerai Dengan Suaminya Namun Beberapa Hari Kemudian Ia Menikah Dengan Lelaki Lain Apakah Pernikahan Tersebut Dikatakan Sah Berikan Alasannya

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

seorang perempuan sedang dalam masa idah karena bercerai dengan suaminya namun beberapa hari kemudian ia menikah dengan lelaki lain apakah pernikahan tersebut dikatakan sah berikan alasannya

Jawaban:

Jawaban dari soal di atas adalah tidak sah, karena menikahnya di massa ‘iddah.

Penjelasan:

Masa iddah adalah masa menunggu bagi seorang janda untuk tidak melangsungkan pernikahan dengan bilangan waktu yang berbeda-beda, sesuai sebab kejandaannya.

Norma ‘iddah ini diatur dalam PP 9/1975 pasal 39 ayat (1) huruf (a) (b) dan (c), yang pada dasarnya membagi tiga kelompok. Pertama, ‘iddah karena perceraian selama 90 hari ; kedua, ‘iddah karena kematian selama 130 hari ; dan ketiga, ‘iddah wanita hamil sampai bayinya lahir. Sedang wanita yang dicerai sebelum dicampuri tidak ada masa ‘iddah dan suami tidak boleh ruju’ (kembali) kecuali dengan akad nikah baru (PP 9/75 pasal 39 ayat (2).

Jadi, jawabannya adalah tidak sah, karena menikahnya di massa ‘iddah.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment