Seorang Sosiolog Ingin Meneliti Fenomena Ketimpangan Pembagian Kerja Antara Perempuan Dan Laki-laki Dalam Ranah Publik. Cabang Ilmu Sosiologi Yang Tepat Untuk Dipelajari Dalam Melakuan Analisis Adalah ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Seorang sosiolog ingin meneliti fenomena ketimpangan pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki dalam ranah publik. Cabang ilmu sosiologi yang tepat untuk dipelajari dalam melakuan analisis adalah ….
a. Sosiologi gender
b. Sosiologi politik
c. Sosiologi hukum
d. Sosiologi pendidikan
e. Sosiologi pembangunan

Jawaban:

Jawabannya adalah A. Sosiologi gender.

Penjelasan:

Secara etimologis, sosiologi berasal dari kata socius (Bahasa Latin, artinya kawan atau teman) dan logos (Bahasa Yunani, artinya ilmu). Sosiologi secara harfiah berarti ilmu pengetahuan yang selalu berkaitan dengan bagaimana manusia hidup dengan masyarakatnya.

Seorang sosiolog ingin meneliti fenomena ketimpangan pembagian kerja antara perempuan dan laki-laki dalam ranah publik. Cabang ilmu sosiologi yang tepat untuk dipelajari dalam melakuan analisis adalah sosiologi gender.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment