Serangan Umum 1 Maret 1949 Terjadi Di Kota ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Serangan umum 1 Maret 1949 terjadi di kota ….
a. Jakarta c. Surabaya
b. Bandung d. Jogjakarta

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah D. Yogyakarta

Penjelasan:

Belanda melanggar perjanjian sebelumnya yakni Perjanjian Renville dengan melakukan penyerangan kembali pada Agresi Militer II atau Operasi Gagak yang terjadi pada 19-20 Desember 1948 yaitu dengan menyerang Yogyakarta yang saat itu merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Indonesia. Sebagai konsekuensi penyerangan Belanda, Presiden Soekarno diasingkan ke Prapat, Sumatera dan Hatta ke Bangka. Namun sebelum kedua tokoh penting tersebut diasingkan, mereka telah mengadakan rapat untuk memberikan mandate kepada Syafruddin Prawinegara yang saat itu menjabat sebagai Menteri Kemakmuran untuk membentuk PDRI atau Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Upaya dari tentara Indonesia tentunya ialah dengan melakukan penyerangan dan perlawanan, dimana salah satu peristiwa bersejarah adalah Serangan Umum 1 Maret yang terjadi di Yogyakarta sebagai usaha untuk merebut kembali wilayah tersebut. Tokoh yang terlibat melakukan penyerangan adalah Jenderal Soedirman yang memimpin untuk bergeriliya, kemudian Letnan Kolonel Soeharto yang melakukan penguasaan Yogyakarta selama 6 jam. Tokoh lainnya ialah Sultan Hamengkubuwono IX yang mempersilahkan satuan-satuan pejuang di dalam maupun di luar Yogyakarta ke istananya untuk berkomunikasi.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment