Setiap Warga Negara Berhak Dan Wajib Ikut Serta Dalam Usaha Pertahanan Dan Keamanan Negara,hal Ini Termasuk Dalam Pasal

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara,hal ini termasuk dalam pasal

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah Pasal 30 ayat (1) dan (2).

Penjelasan:

Pada dasarnya hak dan kewajiban merupakan sesuatu yang tidak dapat dilepaskan oleh setiap orang. Dimana hak adalah kesempatan atau sesuatu yang harus kita dapatkan sejak masih didalam kandungan. Sedangkan kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh seseorang dimanapun ia berada.

Salah satu hak dan kewajiban kita sebagai warga adalah mempertahankan keamanan negara. Hal ini dinyatakan dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat (1) dan (2)UUD 1945, yang berbunyi:
Ayat (1), “Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”
Ayat (2), “Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia, sebagai kekuatan utama, dan rakyat, sebagai kekuatan pendukung.”

Hal tersebut ditujukan agar Indonesia menjadi negara yang utuh dan terhindar dari segala macam ancaman yang dapat memecahbelahkan bangsa. Sehingga kita sebagai warga negara Indonesia juga harus ikut membantu dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.

Jadi dapat disimpulkan bahwa komponen utamanya adalah sesuai pernyataan diatas.

Tetap semangat belajar, Rosmala 🙂
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment