Sistem peralatan hidup dan teknologi masyarakat praaksara adalah?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Sistem peralatan hidup dan teknologi masyarakat praaksara adalah?

 

Jawaban:

Sistem peralatan hidup dan teknologi masyarakat praaksara adalah peralatan yang terbuat dari batu atau tulang-tulang hewan.

 

Penjelasan:

Masyarakat praaksara hidup secara sederhana. Untuk itu, mereka berusaha untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan alam sekitarnya. Dalam menjalankan kehidupannya, masyarakat praaksara menggunakan alat-alat yang berasal dari batu dan tulang hewan. Di bawah ini merupakan beberapa peralatan hidup dan teknologi yang digunakan oleh masyarakat praaksara.

• Kapak genggam. Kapak ini terbuat dari batu yang tajam pada satu sisinya. Kapak ini digunakan dengan cara digenggam.
• Alat serpih. Alat serpih digunakan untuk menusuk, memotong, atau melubangi kulit binatang. Alat serpih terbentuk dari serpihan batu yang dibuat sebagai kapak genggam.
• Kapak persegi. Kapak persegi digunakan untuk mencangkul, memahat, dan berburu. Dalam membuat kapak persegi, manusia praaksara mengasah kedua sisi dari batu yang berbentuk segi empat.
• Kapak lonjong. Kapak lonjong memiliki bentuk pangkal yang lebar dan tajam serta ujungnya yang runcing dan diikatkan ke gagang. Alat ini juga sudah diasah hingga halus.
• Alat-alat yang berasal dari tulang hewan seperti tanduk rusa yang digunakan sebagai penusuk atau belati.

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment