struktur pada sel tumbuhan yang diduga merupakan endosymbiosis Cyanobacteria pada tumbuhan adalah?

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

struktur pada sel tumbuhan yang diduga merupakan endosymbiosis Cyanobacteria pada tumbuhan adalah?
A.mitokondria
B.vakuola
C.kloroplas
D.ribosom
E.lisosom

Jawaban:

C.kloroplas

Penjelasan:

Menurut teori endosimbion, sel eukariotik (sel hewan ataupun tumbuhan) dahulu berasal dari sel prokariotik primitif (contohnya bakteri fotosintetik = Cyanobacteria) yang ‘dimakan’ oleh sel prokariotik berukuran besar. Sel prokariotik yang dimakan ini tertinggal di dalam sel besar dalam bentuk struktur kloroplas (tumbuhan) dan mitokondria (tumbuhan, hewan). Cyanobacteria yang merupakan bakteri fotosintetik, oleh karena itu, bakteri ini tertinggal di dalam sel tumbuhan dalam bentuk kloroplas.

Teori ini didasarkan pada beberapa hal, termasuk diantaranya karena kloroplas dan mitokondria memiliki DNA nya sendiri sehingga dapat melakukan sintesis protein secara mandiri. Molekul DNA ini adalah salah satu molekul yang dimiliki makhluk hidup. Terlebih lagi proses sintesis protein pada kloroplas dan mitokondria ternyata sama dengan organisme prokariot. Tidak hanya itu, struktur DNA pada prokariot, kloroplas, dan mitokondria juga sama, yaitu DNA sirkular.

Dengan demikian, struktur pada sel tumbuhan yang diduga merupakan endosymbiosis Cyanobacteria pada tumbuhan adalah kloroplas (C).

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment