Suatu Hari Aku Bertemu Dengan Gadis Kecil Penjual Bunga Di Pasar. Aku Merasa Iba Dengan Keadaannya. Dia Mendekatiku. Dia Menawarkan Bunga Kepadaku. Karena Aku Tidak Membutuhkan Bunga, Aku Menolaknya. Aku Memberinya Sejumlah Uang.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Suatu hari aku bertemu dengan gadis kecil penjual bunga di pasar. Aku merasa iba dengan keadaannya. Dia mendekatiku. Dia menawarkan bunga kepadaku. Karena aku tidak membutuhkan bunga, aku menolaknya. Aku memberinya sejumlah uang.

Tak kusangka dia memberikan uang tersebut kepada seorang pengemis. Aku merasa he ran dengan yang dilakukannya. Tanpa berpikir lama aku bertanya kepadanya.

“Kenapa uangnya dikasih ke pengemis. Adik menolak rezeki?” tanyaku.

Gadis kecil itu menjawab, “Bukan menolak rezeki, Kak. Saya menjual bunga, Kak. Saya berusaha keras menjual bunga ini sebagai rezeki saya. Yang datang ke sini untuk meminta-minta adalah pengemis itu.”

Gadis itu kembali menjajakan bunganya kepada orang lain. Dari gadis itu aku belajar untuk pantang menyerah. Aku juga menjadi sa dar bahwa rezeki yang dihasilkan dengan bekerja keras akan terasa nikmat dan berkah.

Pelajaran yang dapat diambil dari cerita inspirasi tersebut adalah …
a. Berusaha keras untuk mencari rezeki.
b. Berserah diri atas semua takdir Tuhan.
c. Berterima kasih atas pemberian orang lain.
d. Bersyukur atas rezeki yang diberikan Tuhan .

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah A.

Penjelasan:

Teks cerita inspiratif adalah teks yang berisi kisah nyata dan pengalaman hidup seseorang, yang dapat dijadikan inspirasi untuk menambah semangat dalam mencapai tujuan pembacanya.

Di dalam teks cerita inspiratif biasanya terdapat pesan moral (pelajaran yang dapat diambil).

Pelajaran yang dapat diambil dari cerita inspirasi tersebut adalah berusaha keras untuk mencari rezeki. Hal ini dibuktikan dengan kutipan yang berbunyi, ” Dari gadis itu aku belajar untuk pantang menyerah. Aku juga menjadi sadar bahwa rezeki yang dihasilkan dengan bekerja keras akan terasa nikmat dan berkah.”

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A.
Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment