Suatu Organisasi Politik Memiliki Anggota Dari Berbagai Kelompok Ras, Etnis, Dan Agama, Sehingga Mendorong Adanya Kerja Sama Lintas Kelompok. Hal Tersebut Akan Mempercepat Proses Integrasi Sosial Karena….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

suatu organisasi politik memiliki anggota dari berbagai kelompok ras, etnis, dan agama, sehingga mendorong adanya kerja sama lintas kelompok. hal tersebut akan mempercepat proses integrasi sosial karena….

Jawaban:

Jawabannya adalah karena munculnya ikatan solidaritas antarkelompok.

Penjelasan:

Integrasi sosial merupakan satu kesatuan utuh dari suatu perbedaan. Dengan adanya integrasi, segala perbedaan yang ada di masyarakat dapat melebur menjadi kesatuan yang melahirkan ketentraman, kedamaian, dan keharmonisan. Integrasi sosial menjadi hal yang sangat penting terutama dalam masyarakat multikultural seperti Indonesia. Hal ini agar terciptanya suasana harmonis dan jauh dari konflik akibat perbedaan yang ada. Dalam integrasi sosial terdapat pula faktor-faktor pendorong terjadinya integrasi sosial. Salah satunya yaitu karena adanya ikatan solidaritas antarkelompok. Ikatan solidaritas antarkelompok menjadi faktor tercapainya integrasi karena semakin kuatnya hubungan atau interaksi, toleransi, dan menghargai perbedaan akan semakin cepat pula tercapainya integrasi sosial.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment