Tanah Yang Ada Disekitar Gunung Berapi Biasanya ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Tanah yang ada disekitar gunung berapi biasanya ….

Jawaban:

Jadi yang menjadi jenis tanah yang ada disekitar gunung berapi adalah tanah abu vulkanis karena tanah yang berasal dari abu vulkanis dalam bentuk batuan efusi dan eflata yang telah mengalami proses pelapukan sehingga memiliki struktur seperti abu dan mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi.

Penjelasan:

Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan air sekaligus sebagai penopang akar. Tanah terdiri atas berbagai jenis, jenis tanah tersebut tersebar di berbagai tempat. Setiap jenis tanah mempunyai karakteristik tertentu.

Biasanya tanah yang ada di sekitar gunung berapi adalah jenis tanah abu vulkanis yang merupakan tanah yang berasal dari abu vulkanis dalam bentuk batuan efusi dan eflata yang telah mengalami proses pelapukan sehingga memiliki struktur seperti abu. Ketika kering tanah ini mudah tertiup angin. Namun, permukaan tanah akan menutup rapat jika terkena hujan dan mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi.

Maka yang menjadi jenis tanah yang ada disekitar gunung berapi adalah tanah abu vulkanis karena tanah yang berasal dari abu vulkanis dalam bentuk batuan efusi dan eflata yang telah mengalami proses pelapukan sehingga memiliki struktur seperti abu dan mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment