Tanggga Nada Mayor Dan Minor Adalah…

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Tanggga nada mayor dan minor adalah…

Jawaban:

Halo, Nadhira D. Jawabannya yaitu tangga nada mayor adalah tangga nada yang memiliki jarak nada 1-1-½-1-1-1-½, sedangkan tangga nada minor adalah tangga nada yang memiliki jarak antara nada 1-½-1-1-½-1-1.

Penjelasan:

1. Tangga Nada Mayor
Tangga nada mayor merupakan salah satu tangga nada yang umum digunakan pada sebuah musik. Jarak antara nada atau not pada tangga nada mayor adalah 1-1-½-1-1-1-½. Contoh dari tangga nada mayor yaitu C mayor. Tangga nada C mayor terdiri dari do, re, mi, fa, so, la, si, do. Tangga nada mayor memiliki nuansa musik yang ceria dan juga menyenangkan. Contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor yaitu: Berkibarlah Benderaku, Bintang Kecil, Bangun Pemudi Pemuda, Gebyar Gebyar, dan Balonku.

2. Tangga Nada Minor
Tangga nada minor memiliki nuansa musik yang melankolis dan cenderung sedih. Tangga nada minor memiliki jarak antara nada yaitu 1-½-1-1-½-1-1. Contoh tangga nada minor yaitu A minor. Tangga nada A minor terdiri dari la, si, do, re, mi, fa, sol, la. Contoh lagu yang menggunakan tangga nada minor yaitu: Syukur, Bagimu Negeri, Indonesia Pusaka, Ambilkan Bulan, dan Bintang Kejora.

Jadi, tangga nada mayor adalah tangga nada yang memiliki jarak nada 1-1-½-1-1-1-½, sedangkan tangga nada minor adalah tangga nada yang memiliki jarak antara nada 1-½-1-1-½-1-1.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment