teknik pengambilan sampel seperti ini disebut dengan ….

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Penelitian di lakukan pada salah satu sekolah di salah satu kota di Sulawesi Selatan. Cara pengambilan sampel penelitian dari populasi terdiri atas tingkatan kelas dan jurusan yang berbeda sehingga tiap-tiap tingkatan terwakili. Teknik pengambilan sampel seperti ini disebut dengan ….
A. random sampling
B. stratified sampling
C. cluster sampling
D. propotional sampling
E. area probability sampling

Jawaban:

B. stratified sampling

Penjelasan:

Sampel merupakan bagian dari suatu populasi penelitian yang digunakan untuk menjawab hasil dari suatu penelitian. Sedangkan teknik pengambilan sampel merupakan cara atau metode yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut. Berikut ini bentuk-bentuk teknik pengambilan sampel: 1. Random sampling, merupakan teknik pengambilan sampel anggota populasi secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik ini cocok digunakan untuk populasi yang homogen. 2. Teknik berstrata, merupakan teknik pengambilan sampel dengan memperhatikan tingkatan atau strata dalam populasi penelitian. Teknik ini dapat digunakan seperti ilustrasi pada soal. 3. Purposive sampling, merupakan teknik pengambilan sampel dimana peneliti menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang sesuai dengan tujuan penelitian agar dapat menjawab permasalahan penelitian. 4. Area sampling, merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan pada daerah penelitian yang luas sehingga harus dibagi menjadi beberapa bagian daerah. 5. Cluster sampling, merupakan teknik pengambilan sampel yang digunakan apabila populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu.

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

 

 

Leave a Comment