Teks 3a

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Teks 3A
(1) Pertumbuhan penduduk yang tinggi menyebabkan ketidakseimbangan antara jumlah kesempatan kerja dengan angkatan kerja. (2)Seperti diketahui, lapangan pekerjaan di perkotaan sebagian besar bergerak di sektor formal, yaitu bidang nonagraris yang biasanya membutuhkan tenaga kerja dengan bekal pendidikan yang cukup tinggi. (3) Namun, kenyataannya, jumlah angkatan kerja di Indonesia sebagian besar tidak mempunyai bekal pendidikan dan keterampilan yang cukup tinggi sehingga mereka tidak dapat memenuhi kriteria-kriteria untuk bekerja di kota. (4) Akibatnya, jumlah pengangguran semakin meningkat di perkotaan. (5) Padahal, sebagai manusia, mereka memiliki kebutuhan hidup yang harus dipenuhi. (6) Oleh karena itu, dengan keterbatasan kemampuan yang ada, mereka berusaha untuk tetap bertahan demi memenuhi kebutuhan hidup dengan bekerja apa adanya.
(Oiadaptasi dari http://dokumen. tips/documents/karakteristik-sosial-ekonomi-pedagang-kaki-lima-di-uptd-pasar-ngemplak-kabupaten-562babc0efd30.html)

Teks 3B
(7) Faktor pendidikan angkatan kerja yang rendah menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah sosial ekon omi di masyarakat perkotaan. (8)Angkatan kerja yang memiliki pendidikan rendah lebih banyak daripada angkatan kerja yang memiliki pendidikan tinggi. (9) Mereka yang berpendidikan rendah tidak dapat bekerja di tempat yang strategis dan berprestise. (10) Mereka yang berpendidikan rendah hanya dapat bekerja sebagai buruh kasar, seperti cleaning service, buruh pelabuhan, dan pelayan toko. (1 1) Pekerjaan, semacam itu terbatas pui(A) (12) Akibatnya, angkatan kerja yang berpendidikan rendah di perkotaan lebih banyak yang menganggur. (13)Melihat realitas tersebut, tentunya keberadaan usaha sektor informal sangat penting dalam menghidupkan denyut ekonomi di perkotaan.

Apa perbedaan penulisan tujuan teks 3A dengan teks 3B?
(A) Teks 3A menjelaskan keberimbangan antara tenaga kerja dan tingkat pendidikan; Teks 3B memaparkan penyebab timbulnya masalah perkotaan.
(B) Teks 3A meyakinkan pembaca akan banyaknya pengangguran; Teks 3B memperlihatkan contoh pekerjaan kasar.
(C) Teks 3A memaparkan meningkatnya jumlah pengangguran di perkotaan; Teks 3B menjelaskan pentingnya usaha sektor informal di perkotaan.
(D) Teks 3A memaparkan keterbatasan memenuhi kebutuhan hidup;Teks 3B menjelaskan keterbatasan lapangan kerja di perkotaan.
(E) Teks 3A menjelaskan lapangan pekerjaan di bidang nonagraris; Teks 3B menjelaskan tempat kerja yang strategis dan berprestise.

Jawaban:

Jawaban yang tepat adalah pilihan C.

Penjelasan:

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks merupakan pernyataan yang memiliki makna yang sama dengan teks atau terdapat di dalam teks. Kesamaan tersebut terdapat baik secara tersirat maupun tersurat bergantung dari makna kalimat yang dihasilkan. Kesesuaian pernyataan dapat ditentukan dengan membandingkan antara opsi dan teks yang tertera.

Teks 3A membahas mengenai meningkatnya jumlah pengangguran di perkotaan. Sementara, teks 3B membahas mengenai pentingnya usaha sektor informal di perkotaan. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penulisan kedua teks tersebut adalah “Teks 3A memaparkan meningkatnya jumlah pengangguran di perkotaan; Teks 3B menjelaskan pentingnya usaha sektor informal di perkotaan.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment