Teks Berikut Digunakan Untuk Menja Wab Soal Nomor 66-69.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Teks berikut digunakan untuk menja wab soal nomor 66-69.
Minuman keras (*miras) adalah jenis minuman yang mengandung *alkohol. *Alkohol termasuk zat adiktif, yaitu zat yang dapat menimbulkan adiksi (ketagihan) dan ketergantungan.

Pemakaian *miras dapat menimbulkan Gangguan Mental Organik (GMO) yaitu gangguan dalam fungsi berpikir, merasakan, dan berperilaku. Timbulnya GMO disebabkan reaksi langsung *alkohol pada sel­ sel saraf pusat. Karena sifat adiktif *alkohol tersebut, orang yang meminumnya lama-kelamaan tanpa sadar akan menambah takaran/dosis sampai pada dosis keracunan atau *mabuk.

Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti mau berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilaf realitas, terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya. Perubahan fisiologis juga terjadi, seperti cara berjalan tidak mantap, muka merah, atau mata juling. Perubahan psikologis yang dialami oleh mereka seperti mudah tersinggung, berbicara ngawur, atau kehilangan konsentrasi.

Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus *alkohol yaitu rasa takut diberhentikan minum *alkohol. Badan mereka akan sering gemetar dan jantung berdebar-debar. Mereka akan cemas, gelisah, murung, dan banyak berhalusinasi.

67. Yang tercantum di bawah ini dikemukakan dalam teks di atas, kecuali ….
A. *Alkohol termasuk zat adiktif.
B. GMO timbul akibat reaksi langsung sel-sel saraf pusat terhadap *alkohol.
C. Sindrom putus *alkohol menjadi suatu penderitaan.
D. Perubahan perilkau akibat *miras antara lain banyak mengkhayal.
E. Yang terkena GMO biasanya menyukai tindakan kekerasan.

Jawaban:

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah D. Perubahan perilaku akibat miras antara lain berupa banyak mengkhayal.

Penjelasan:

Informasi adalah kumpulan data berupa fakta yang diolah menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi pembaca atau pendengar. Informasi dapat disampaikan secara tersurat dan tersirat.

Dalam menentukan informasi dalam suatu teks, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Baca keseluruhan isi teks.
2. Baca soal dan pilihan jawaban yang ada.
3. Cocokkan pernyataan di pilihan jawaban dengan informasi yang tepat di teks.
4. Kutip pernyataan yang tepat untuk pilihan jawaban yang sesuai dengan soal.

Pernyataan yang tidak ada dalam teks di atas adalah “Perubahan perilaku akibat miras antara lain berupa banyak mengkhayal.” Dalam teks disebutkan bahwa akibat miras adalah perubahan perilaku, seperti ingin berkelahi dan sebagainya. Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat “Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku, seperti mau berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya, tidak mampu menilai realitas terganggu fungsi sosialnya, dan terganggu pekerjaannya.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. Perubahan perilaku akibat miras antara lain berupa banyak mengkhayal.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment