Teks Berikut Digunakan Untuk Menjawab Soal Nomor 1 Sampai Dengan Nomor 11.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1 sampai dengan nomor 11.

Saat ini, menurut PBB, negara Indonesia berada di tingkat sebagai negara berkembang. Negara berkembang adalah negara yang sedang berupaya agar bisa menjadi negara maju dengan meningkatkan kesej-ahteraan rakyatnya dari berbagai sektor. Berikut ini adalah tabel penduduk negara-negara dunia agar kita mengetahui posisi jumlah penduduk Indonesia di dunia.

Tabel1. Perbandingan Jumlah Penduduk Negara

Setelah melihat tabel perbandingan di atas yang sumber datanya diambil dari CIA World Factbook pada tahun 2004, kita dapat mengetahui bahwa negara Indonesia menduduki posisi keempat negara dengan jumlah penduduk terbanyak. Posisi pertama ditempati oleh Republik Rakyat Cina, kemudian India, dan Amerika Serikat.

Jumlah penduduk di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Data yang bersumber dari Badan Sensus Penduduk dapat diketahui bahwa pertumbuhan jumlah menjadi penduduk di Indonesia sangat melaju pesat. Pada zaman orde lama sajajumlah penduduk Indonesia mencapai 97,1 juta jiwa. Pada akhir tahun 2010 jumlahnya menjadi dua kali lipatjumlah penduduk Indonesia semenjak kemerdekaan yakni mencapai 237,6 juta jiwa. Hal tersebut dapat dilihat pada grafik berikut.

Grafik Jumlah Penduduk Indonesia

Berdasarkan grafik tersebut, kita dapat menganalisis pertambahan jumlah penduduk Indonesia. Rata-rata kenaikan jumlah penduduk setiap 10 tahun berkisar 32 juta jiwa. Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pertambahan penduduk per tahunnya adalah 2,6 juta jiwa. Jadi, kemungkinan jumlah penduduk Indonesia tahun 2013 sebesar 245,4 juta jiwa dan jumlah penduduk Indonesia tahun 2014 sebanyak 248 juta jiwa.

Sayangnya, jumlah penduduk Indonesia yang semakin pesat tidak dibarengi dengan upaya persebaran penduduk secara merata. Kita dapat melihat bahwa Pulau Jawa.merupakan wilayah yang memiliki populasi penduduk paling banyak, sedangkan populasi penduduk paling sedikit berada di wilayah timur Indonesia yakni Maluku dan Papua. (Sumber bacaan: technoupdate27, blogspot,com)

4. Level 4 (HOTS)
Berdasarkan paragraf ketiga, jika penduduk Indonesia tidak mengalami jumlah pertumbuhan yang sangat pesat, apa yang paling mungkin terjadi?
A. Jumlah penduduk Indonesia tidak mencapai lebih dari dua ratus juta jiwa.
B. Jumlah penduduk Indonesia akan mengalami lonjakan penduduk yang banyak.
C. Indonesia menjadi negara yang paling banyak penduduknya dengan jumlah 237,6 juta jiwa.
D. Negara Indonesia pada tahun 2010 mengalami kenaikan jumlah penduduk sebanyak dua kali lipat.
E. Setiap tahunnya negara Indonesia mengalami penambahan jumlah penduduk.

Jawaban:

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A.

Penjelasan:

Simpulan merupakan pendapat akhir yang berupa ringkasan dari hasil pembahasan suatu topik.

Untuk menarik kesimpulan berdasarkan metode logika, dapat dilakukan dengan cara, yaitu dengan kaidah silogisme, modus ponens, dan modus tollens. Salah satunya adalah dengan menggunakan modus tollens. Modus tollens merupakan penarikan kesimpulan yang dapat disebut ingkaran maupun penolakan suatu akibat yang terjadi dalam suatu premis. Modus tollens ditandai dengan adanya pernyataan majemuk implikasi dan ingkaran dari pernyataan tunggal.

Modus tollens dapat dituliskan dengan rumus sebagai berikut.
Premis 1: p => q
Premis 2: ~q
Konklusi: ~p

Berikut penjelasan penarikan kesimpulan dari soal di atas.
p: Jumlah penduduk di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan.
q: Jumlah penduduk mencapai 237,6 juta jiwa.
~p: Jika penduduk Indonesia tidak mengalami jumlah pertumbuhan yang sangat pesat.
Konklusi: ~q

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan, yaitu “Jumlah penduduk tidak mencapai 237,6 juta jiwa.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment