Teks Berikut Digunakan Untuk Menjawab Soal Nomor 45 Sampai Dengan 48

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 45 sampai dengan 48

(1) Sungai menjadi salah satu hal yang tidak terpisahkan bagi masyarakat Indonesia. (2) Ia diibaratkan sebagai urat nadi dalam kehidupan alam. (3) Air yang mengalir di sungai adalah darah yang mengalir ke seluruh penjuru bumi. (4) Bagi aneka jenis makhluk hidup air, sungai juga menjadi salah satu sumber kehidupan, seperti ikan, kepiting, dan biota air lainnya.
(5) Menurut kajian ilmu tentang air (hidrologi), sungai merupakan suatu siklus tersendiri dalam kehidupan. (6) Air yang ada dialiran sungai biasanya terkumpul dari suatu proses tertentu seperti air hujan, mata air, air bawah tanah yang melimpah, atau bahkan dari lelehan salju.

(7) Semakin hari, pemanfaatan akan air sungai menjadi semakin banyak. (8) Sungai digunakan sebagai salah satu sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). (9) Ia merupakan penampung air, pusat ekosistem bagi alam, tempat pencarian nafkah untuk sebagian keluarga, sumber bahan konsumsi masyarakat, wahana rekreasi keluaga, hingga lokasi di mana orang menemukan ketenangan dan relaksasi. (10)Tak dapat dipungkiri, sungai seakan menjadi salah satu tempat memenuhi kebutuhan sehari-hari juga seperti mandi, mencuci, dan lain sebagainya. (11) Namun, salah satu peran besar sungai yang tidak bisa kita lupakan juga adalah sumber pencegah banjir.

(12) Kita tidak dapat membayangkan bagaimana kondisi kita hari ini tanpa adanya sungai di sekitar kita. (13) Dia telah menjadi ciri khas dari suatu desa, juga bagian penting bagi perkembangan kota. (14) Dari sudut pandang sebuah kota metropolitan, sungai menjadi warna tersendiri yang dapat mengurangi potensi terjadinya bencana alam seperti banjir. (15) Sayangnya, masyarakat hutan beton tidak semuanya mengerti hal tersebut dan menyalahgunakan keberadaannya dengan semena-mena.

Diadaptasi dari: Sampah: Berkah atau Masalah ? (Sekarningrum : 4-5)

45. Berikut kata yang bermakna sama dengan kata siklus pada kalimat (5) teks tersebut, kecuali ….
A. daur
B. peredaran
C. periode
D. kurun
E. kalakian

Jawaban:

Jawaban untuk soal ini adalah E.

Penjelasan:

Makna kata adalah maksud yang terkandung dalam suatu kata. Untuk mengetahui makna suatu kata, kita dapat menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI, siklus adalah putaran waktu yang di dalamnya terdapat rangkaian kejadian yang berulang-ulang secara tetap dan teratur; daur.

Berdasarkan penjelasan, kata yang tidak memiliki kesamaan dengan makna kata “siklus adalah “kalakian”. Hal tersebut karena kata “kalakian” memilki makna “ketika itu, lalu, atau kemudian”.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment