Teks Berikut Digunakan Untuk Menjawab Soal Nomor 9-12.

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas soal berikut ini

 

Soal:

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 9-12.

Firdaus adalah tempat yang sangat indah. dak ada perlambangan atau perbandingan yang bisa digunakan untuk menggambarkannya. Tidak ada kesengsaraan, tidak ada kekotoran, tidak ada ketimpangan, tidak ada kemelaratan, tidak ada kesedihan. Jadi tidak ada apa­ apa yang lain? Ya tentu saja ada. Tumbuh-tumbuhan dan binatang. Apa lagi? Debu. Ya, debu tentu harus ada, bukan? Tanpa debu aku tidak akan berada di hadapanmu seperti sekarang ini. Seperti yang telah kaupelajari, aku ini debu yang ditiup derrgan nyawa agar hidup dan menjelma manusia. Kenapa dari debu? Dan tidak dari bunga, misalnya?

Aku toh hanya debu, yang seandainya tidak ditiup dan diberi nyawa tetap akan berupa debu. Seterbangan kian kemari di taman itu jika ada angin yang lembut be iup. Sebagai debu, aku akan bisa beristirahat di ujung daun atau kelopak bunga atau tenggelam dan menyatu dengan sungai kristal untuk kemudian, entah bagaimana, menjadi kering dan kembali menjadi debu. Seandainya tidak menjadi manusia, debu itu mungkin masih bisa menikmati indahnya suara keheningan, wama-warninya, ketenteraman, dan mengharukannya ketenangan.

Tetapi apakah aku berhak membayangkan diriku sebagai debu semacam itu? Aku tidak tahu. Manusia tidak ingin membayangkan dirinya debu, bukan?

Pengarang Telah Mati: Segenggam Cerita, Sapardi Djoko Darmono, 2001

10. Gagasan pokok yang dikemukakan dalam teks tersebut adalah . . . .
A. Tokoh aku yang ingin menjadi debu
B. Tokoh aku yang berbincang-bincang dengan debu
C. Tokoh aku yang bicara seolah-olah menjadi debu
D. Tokoh debu yang menjelma menjadi tokoh aku
E. Tokoh aku yang berasal dari debu

Jawaban:

Jawaban yang benar adalah C.

Penjelasan:

Gagasan utama merupakan inti dari suatu teks yang sedang dibahas atau inti pembahasan.

Cara menemukan gagasan utama, yaitu:
1) membaca paragraf dengan saksama;
2) menentukan kalimat utama di setiap paragraf; dan
3) menentukan gagasan utama sesuai dengan isi teksnya.

Berdasarkan penjelasan, gagasan pokok yang dikemukakan dalam teks tersebut adalah tokoh aku yang bicara seolah-olah menjadi debu. Hal tersebut sesuai dengan kutipan kalimat di atas, yaitu “Tetapi apakah aku berhak membayangkan diriku sebagai debu semacam itu? Aku tidak tahu. Manusia tidak ingin membayangkan dirinya debu, bukan?” Pada kalimat terakhir ini tokoh “aku” sebagai manusia hanya membayangkan dirinya seolah-olah debu

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
 

Semoga jawaban dan penjelasan diatas dapat membantu kawan belajar ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

 

Leave a Comment