Tembang macapat kang nggambarake nurunake wiji yaiku

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Tembang macapat kang nggambarake nurunake wiji yaiku

 

Jawaban:

Tembang macapat kang nggambarake nurunake wiji yaiku tembang dhandhanggula.

 

Penjelasan:

Tembang dhandhanggula berasal dari kata “dhangdhang” dan “gula”. “Dhangdhang” berarti harapan atau mengharapkan, sedangkan “gula” berarti sesuatu yang manis.

Jika dilihat dari soal di atas, “nurunake wiji” berarti memberikan benih keturunan oleh sepasang manusia yang telah menikah. Seperti pada umumnya, manusia yang telah menikah pasti mengharapkan sesuatu yang manis, salah satunya adalah keturunan. Keturunan bertujuan untuk meneruskan generasi dalam sebuah keluarga.

Seperti yang kita ketahui bahwa tembang dhandhanggula berada pada urutan setelah tembang gambuh, sedangkan tembang gambuh berarti manusia yang telah menemukan jodohnya. Secara otomatis, tembang dhandhanggula menjelaskan tentang kehidupan manusia yang telah menikah, salah satunya yaitu memiliki keturunan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tembang dhandhanggula berarti mengharapkan sesuatu yang manis, salah satunya adalah memiliki keturunan atau “nurunake wiji”.

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment