Tentukan fase terdispersi dan medium pendispersi dari koloid berikut ini! a. Semir sepatu cair b. Roti bakery c. Kabut d. Buih ombak laut e. Darah

Halo kawan kawan,

Mari kita bahas persoalan berikut ini

 

Soal:

Tentukan fase terdispersi dan medium pendispersi dari koloid berikut ini!
a. Semir sepatu cair
b. Roti bakery
c. Kabut
d. Buih ombak laut
e. Darah

 

Jawaban:

a. Semir sepatu cair merupakan sistem koloid dengan fase terdispersi padat dengan medium pendispersi cair. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara mengeringkan setetes semir cair tersebut. Setelah semir tersebut kering maka akan terdapat serbuk padatan hitam.
b. Roti bakery merupakan sistem koloid dengan fase terdispersi gas dengan medium pendispersi padat. Roti bakery yang kelihatannya berukuran besar bila kita tekan atau kita mampatkan maka akan menyisakan sdikit padatan, hal tersebut dikarenakan gas yang berada dalam roti tersebut telah keluar.
c. Kabut merupakan sistem koloid dengan fase terdispersi cair dengan medium pendispersi gas. Permukaan jaket kita yang basah saat kita mengendarai motor di padi hari merupakan bukti bahwa fase terdispersi dari kabut merupakan zat cair.
d. Buih ombak laut merupakan sistem koloid dengan fase terdispersi gas dengan medium pendispersi cair. Hal tersebut ditunjukan buih ombak di lautan mudah pecah seperti halnya buih pada sabun atau sampo
e. Darah merupakan sistem koloid dengan fase terdispersi padat dengan medium pendispersi cair. Hal tersebut dapat ditunjukan apabila terdapat percikan darah sesaat setelah mengering maka akan terdapat semacam padatan.

 

 

 

 

Semoga jawaban atau penjelasan diatas dapat membantu kawan kawan ya. apabila ada pertanyaan silakan berkomentar dibawah ini.

 

Salam sukses selalu

Leave a Comment